Pages

Wednesday, 14 January 2015

ILMU PENDIDIKAN ISLAM, MEDIA PENDIDIKAN


A.    Media pendidikan islam

Tujuan pendidikan islam seiring dengan tujuan Allah menciptakan manusia, yakni untuk mengabdi kepada-Nya. Agar tujuan bisa tercapai, maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan progam pendidikan itu. Dalam kaitannya dengan usaha menciptakan suasana yang kondusif itu, alat/media pendidikan atau pengajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Sebab alat atau media merupakan sarana yang membantu proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan indra pendengaran dan penglihatan.
Dengan adanya alat/media maka teradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat di perkaya dengan berbagai alat atau media pengajaran.

1.      Pengertian alat/media pendidikan

Dari beberapa literatur tidak terdapat perbedaan pengertian alat dan media pendidikan. Zakia daradjat menyebutkan pengertian alat pendidikan sama dengan media pendidikan, saran pendidikan. sedangkan dalam kepustakaan asing, sementara ahli menggunakan istilah audio visual aids(ava). Teaching material instruksional material. Nampaknya dibeberapa literature antara alat dan media pendidikan tidak dibedakan secara jelas, bahkan cenderung menyamakan kedua term itu. Disatu sisi alat kadang-kadang digolongkan sebagai media, dan disisi lain media dimasukkan kedalam golongan alat.

2.      Jenis alat/media  pendidikan

Dalam pendidikan perpektif ilmu pendidikan islam,yan mengutaamakan ilmu pengetahuan (knowledge)dan penanaman nilai sudah barang tentu memerlukan a;at pendidikan yang relefan.para ahli telah mengklasifikasikan alat/media pada dua bagian: yaitu alat pendidikan yang bersifat benda dan alat pendidikan yang bukan benda.

a.       Alat pendidian yang bersifat benda
Menurut zakia daradjat, alat pendidikan yang berupa benda adalah, pertama: media tulis, seperti al-quran, hadits, tauhid, fiqih, sejarah. Kedua: benda-benda alam seperti hewan, manusia, tumbuhan, dan lain sebagainya. Tiga: gambar-gamabar yang dirancang seperti grafik. Keempat: gambar yang di proyeksikan, seperti vidio, transparan, infokus. Ke lima: audio recording, seperti kaset, tip radio.

b.      Alat pendidikan yang bukan benda
Diantara alat atau media pengajaran yang bukan berupa benda itu adalah: (1) keteladanan, (2)perintah/larangan, (3)ganjaran dan hukuman, yang akan dijelaskan berikut ini:

1)   Keteladanan

Pada umumnya manusia memerlukan figure iden tifikasi yang dapat membimbing manusia kearah kebenaran, untuk memenuhi keinginan tersebut itu Allah mengutus Rasululloh menjadi tauladan bagi manusia. Menurut la-ghazali, sifat penting yang harus dimiliki oleh guru sebagai orang yang diteladani yaitu (1) amanah dan tekun bekerja, (2) betrsufat lemah lembut dan kasih sayang terhadap anak murid, (3) dapat memahami atau berlapang dada dalam ilmu serta orang yang mengajarkannya, (4) tidak raakus pada materi, (5)  luas, (6) istiqamah dan memegang teguh perinsip.

2)   Perintah dan larangan

Seabagai seorang muslim diberi oleh Allah tugas dan tanggung jawab yaitu melaksanakan “amar ma’ruf nahi munkar” yang merupakan alat pendidikan. Dalam memberikan perintah terdpat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu, (1) janga n memberikan perintah kecualai karena diperlukan (2) hemdmya perintah itu dengan ketepatan hati dan niat yang baik, (3) jangan memerintahkan kedua kalinya jika perintah pertama belum di laksanakan, (4) perintah hendaknya benar-benar dipertimbangkan akan akibatnya.
Larangan, sebenarnya sama saja dengan perintah. Kalau perintah merupakan suatu keharusan untuk berbuat suatu yang bermanfaat, maka larangan merupakan keharusan untuk tidak melakukan sesuatu yang merugikan.

3)   Ganjaran dan hukuman

Ganjaran itu adalah sesuatau yang menyenangkan yang dijadikan sebagai hadiah bagi anak yang berprestasi baik dalam belajar, dalam sikap atau prilaku. Ganjaran itu dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara yang bermaca-macam, antara lain, (1) guru mengangguk-anggukan kepala tanda senang dan membiyarkan suatu jawaban yang diberikan oleh anak, (2) guru memberikan pujian, (3)guru memberikan benda-benda yang berguna dan membuat anak senang.

4)   Pengaruh alat/media dalam pendidikan islam

Di dalam pendidikan islam, alat/media itu jelas diperlukan. Sebab alat/media pengajaran itu mempunyai peranan yang besar yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Abu bakar Muhammad, juga berpendapat bahwa kegunaan alat/media itu antara lain adalah: (1)mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelas materi pelajatan yang sulit, (2) mampu mempermudah pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup dan menarik, (3) merangsang anak untuk bekerja dan menggerakkan naluri kecintaan dalam menelaah pelajaran, (4) meambantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat, dan memperhatikan pelajaran.

Dengan demikian, apabila pendidikan islam memanfaatkan dan mengembangkan alat/media pengajaran tersebut didalam pelaksanaan pendidikannya, maka peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkannya dan juga memiliki moral atau ahlak yang tinggi. Sehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan alat/media pengajaran itu tuehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan alat/media pengajaran itu tujuan pendidikan islam akan tercapai secara efektif dan efesien.

No comments:

Post a Comment

Jika ada pertanyaan dan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan artikel. Langsung saja kalian tulis di contak comment yang kami sediakan atau click post a comment dan jangan lupa untuk Berkomentar yang baik 🙂