Pages

Wednesday 26 April 2017

ILMU PENDIDIKAN ISLAM-RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Pendahuluan

Ilmu pendidikan Islam merupakan paradigma atau model pendidikan yang merujuk pada nilai-nilai ajaran islam yaitu menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai sumber formal dan material pendidikan. dalam pembahasannya, ilmu pendidikan islam memiliki ruang lingkup yang sangat luas.dimana dapat dilihat dari bidang keilmuan yang integral dengan tuntutan pendidikan yang beragam.
Oleh karena itu dalam penulisan saat ini akan dibahas mengenai ruang lingkup pendidikan islam. Tujuan dari pembahasan ini diharapkan agar para pembaca mengetahui apa saja ruanglingkup dalam ilmu pendidikan islam yang akan dijangkau. Maka untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam pargraf Pembahasan berikut :




Pembahasan


Ruang lingkup merupakan aspek-aspek apa saja yang menjadi obyek pembahasan dalam suatu konteks atau wacana yang akan diamati. Dalam ruanglingkup akan terindetifikasi secara jelas mana aspek yang sesuai dengan konteks wacana dan yang tidak sesuai untuk dibahas.

Maka berikut ini adalah aspek-aspek yang sangat penting dan wajib ada dalam ruang lingkup Ilmu Pendidikan Islam yaitu :

1.   Pendidikan dan perbuatan mendidik

Dalam pendidikan sudah menjadi hal yang wajib adanya seorang pendidik maupun peserta didik. Jika tidak ada aspek keduanya maka belum bisa dikatakan sebagai pendidikan. pendidikan adalah suatu hasil dari proses atau interaksi belajar mengajar yang memilki tujuan dan arah yang jelas yaitu menjadikan manusia yang berintelektual tinggi, humanis dan agamis yang baik. Oleh karenanya didalam mengarahkan tersebut dibutuhkanlah seorang pendidik yang mampu menggerakkan atau mengarahkan peserta didik kedalam tujuan yang telah ditetapkan.

Pendidik adalah seorang guru, ustadz, ulama, ayah, dan ibu dalam masyarakat dll, yang mereka mengfungsikan diri untuk mendidik. Keikut sertaan mereka para pendidik dalam mendidik seorang peserta didik, anak, santri dll disebut sebagai perbuatan mendidik.

Perbuatan mendidik seperti yang berkaitan langsung dengan pendidikan memilki arti yaitu seluruh kegiatan, tindakan, atau perbuatan dan sikap yang dilakukan pendidik dalam mengahadapi peserta didik.


2.   Anak-anak didik dan materi pendidikan islam

Anak didik yaitu objek dari para pendidik dalam melakukan didikan. Anak didik ini dapat dilihat sebagai anak didik dengan kategori usia anak didik, kondisi ekonomi keluarga, minat, bakat, serta intelegensinya.

Pada dasarnya setiap manusia sangat membutuhkan pendidikan. karena melallu pendidikan seseorang akan sangat ringan menghadapi setiap kehidupan dari masa anak hingga tua mereka. Melalui pendidikan seseorang mampu berpikir lebih kritis dan pandangan hidup yang baik untuk diri mereka sendiri maupun orang lain disekitarnya.