Pages

Thursday, 30 October 2025

PEMBANGUNAN MADRASAH CERMINAN MASYARAKAT BERKEMAJUAN DAN UPAYA PELAKSANAAN CITA-CITA PENDIDIKAN NASIONAL

 Ilmu pendidikan Islam kali ini akan membahas tentang pentingnya dukungan masyarakat terhadap pertumbuhan dan perkembangan instansi pendidikan. 




Hal ini dimulai dari sebuah kepercayaan masyarakat yang melahirkan cita-cita dalam pendidikan, yaitu membentuk lembaga pendidikan formal yang diakui resmi oleh sistem pemerintahan sebagai bagian dari ikut serta melaksanakan Pendidikan Nasional. 

Sebuah kepercayaan yang diamanahkan di era sekarang ini, Adalah harta yang paling berharga dalam keberlangsungan hidup proses pendidikan. Tentu kita tahu bahwa, pendidikan saat ini sudah tidak terasingkan lagi seperti tempo dulu. Dimana pemerintah saat ini sangat gencar dalam memfasilitasi pendidikan di masyarakatnya sehingga aspek yang berkaitan dengannya, selalu menjadi yang utama dari berbagai macam aspek pendidikan lainnya.



Adapun berbagai aspek penunjang keberhasilan pendidikan yang dimaksud, dalam upaya membawa pada tujuan  pendidikan Nasional adalah aspek kepercayaan atau fundamental

Fundamental merupakan aspek mendasar dalam pendidikan nasional. Adatnya, dalam lingkungan masyarakat itu sendiri,  fundamental akan membangun masyarakat untuk terus bergerak dari satu tujuan ke tujuan yang lain mengarahkan pada pencapaian cita-cita pendidikan.

Adapun pengertian fundamental itu sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat merujuk pada prinsip yaitu "sebuah pernyataan fundamental atau kebenaran umum atau dasar realitas". Dapat dipahami bahwa fundamental adalah suatu prinsip mendasar dalam keberlangsungan hidup  masyarakat. Prinsip dasar ini melahirkan pemikiran-pemikiran yang realistis guna mencapai suatu maslahat atau cita-cita dalam masyarakat.  Sehingga melahirkan pergerakan-pergerakan ke sesuatu yang lebih baik. 

Dalam suatu instansi pendidikan, keberhasilan nyata yang menjiwai pendidikan itu sendiri agar terus berkembang adalah dengan adanya aspek fundamental ini. Menjadi jiwa atau ruh yang ikut andil dalam pembangunan pendidikan.  Hingga bahkan menjadi Suatu keniscayaan yang sejati dalam membangun peradaban pada masyarakat tersebut, Bagaimana tidak? 



Jika suatu fundamental itu tertanam mendasar dalam diri masyarakat tersebut, maka tentu saja peradaban yang digaungkan oleh Pendidikan Nasional itu sendiri akan sangat mudah untuk dilaksanakan. Mengapa? Karena  Pendidikan Nasional sudah bagian dari jiwa atau ruh kehidupan masyarakat tersebut. Menjadi bagian dari cara mereka memandang masa depan . Bahkan tujuan hidup untuk terus mengembangkan pendidikan dari waktu ke waktu. Tentunya dari hal tersebut, akan mengarahkan cara pandang yang lebih baik dalam cita-cita pendidikan. 

Hal ini seperti yang dicita-citakan oleh pendidikan nasional itu sendiri yaitu terdapat dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa tujuan pendidikan Nasional yaitu “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjadi warga Negara yang demokratis, serta bertanggung jawab" (dapat dibaca dalam article jurnal pendidikan di  Universitas Pendidikan Indoensia tentang Tujuan Pendidikan Nasional).

Dari pernyataan tujuan pendidikan nasional tersebut. Maka dapat dipahami bahwa tujuan pendidikan nasional adalah menciptakan peradaban warga negara Indonesia untuk demokrasi dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat Khususnya dalam menciptakan masyarakat berpendidikan yang mencintai segala aspek pertumbuhan dan perkembangan pendidikan di dalamnya. 

Pada rangkaian pernyataan yang ada di atas baik berkenaan dengan pengertian dan pemahaman dalam lingkungan suatu masyarakat. Maka pada artikel ini menyajikan sebuah wacana tersirat bahwa salah satu yang terjadi pada lingkungan pembelajaran MI Muhammadiyah Taman Cari adalah sedemikian hal.

Masyarakat di lingkungan MI Muhammadiyah Taman Cari merupakan penopang utama dalam menciptakan pendidikan di lingkungannya yaitu lebih tepatnya Wali Murid dan Masyarakat di Desa Taman Cari. 

Dari waktu ke waktu baik di bidang pembangunan fisik maupun non fisik. Pada lingkungan madrasah tersebut, penggerak dan pendorong utama berdirinya Madrasah hingga pembangunannya adalah tidak lain dan tidak bukan Wali Murid yang kebanyakan berasal dari desa Taman Cari dan Juga lingkungan masyarakat disana . Tentu saja ini suatu kebanggaan dan menjadi kharisma tersendiri dari madrasah tersebut yang terus menghadirkan dan menampung keinginan dari cita-cita masyarakat itu sendiri.

Seperti contohnya pembangunan fisik yang dari tahun ke tahun yang telah dilaksanakan. Di awali pembangunan di tahun 2019 yaitu peletakkan batu pertama pembangunan gedung fisik madrasah, hingga penambahan gedung  2 lokal ruang kelas belajar yang datang dari Dinas Pendidikan saat ini, Kamis 30 Oktober 2025. Secara keseluruhan semua adalah peran utama dari wali murid dan masyarakat untuk   mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik bagi siswa-siswi di sana, walaupun tentunya sudah bekoordinasi dengan stakeholder pada pendidikan sekolah tersebut. 



Hal ini Tentu saja menjadi pesan mendalam kepada kita semua bahwa, pendidikan yang didasarkan atas suatu kepercayaan akan membangun dan menciptakan pencapaian luar biasa dari tujuan itu sendiri.  Membawa Peran utama dalam cita-cita pendidikan madrasah berkemajuan. Gotong royong membangun cita-cita pendidikan, merupakan cerminan dari tanda rasa memiliki dan ingin saling memberikan yang terbaik untuk madrasahnya. Hal ini sudah sangat dipastikan bahwa tujuan pendidikan yang dicita-citakan baik oleh pendidikan nasional itu sendiri maupun instansi didalamnya yaitu MI Muhammadiyah Taman Cari akan tercapai dengan sebaiknya.



Wednesday, 29 October 2025

GENERASI MUDA MENGISI KEMERDEKAAN DENGAN KEBAIKAN Teks Pidato Tingkat Kecamatan

 Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 


اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهِ وَاَشْهَدُ اَنَّ محمدا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى محمد وَعَلَى اَلِهِ وَاصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ.. 

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dan menyempurnakan bentuknya.Yang telah menganugerahkan lisan dan berinteraksi dengan menyampaikan pesan...

Shallawat dan Sallam, marilah kita kirimkan kepada seorang hamba pilihan Allah , Anggun pribadinya, halus budi pekertinya, serta sederhana dalam hidupnya. Dialah Nabiyullah Muhammad Shalallahu’alahi Wassalam !!

Kepada yang terhormat, para dewan juri yang penuh pesona

Kepada yang terhormat, para hadirin yang berbahagia

Serta teman-teman yang tercinta, kebanggan orang tua, bangsa dan agama.

Pada kesempatan hari yang penuh semangat ini. Saya ingin mengajak teman-teman semua untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dengan penuh gembira.

Siapa yang bangga melihat bendera merah putih berkibar? pasti bangga kan ?!


Baca juga : KEMULIAAN WANITA MUSLIMA TEKS PIDATO UNTUK TINGKAT PROVINSI



Selain rasa bangga, Kita juga harus mengisi hari kemerdekaan dengan kebaikan. Apa sajakah itu ada yang tahu ?!

1.       Pertama berbakti kepada kedua orang tua

yaitu dengan mematuhi segala kebaikan yang diperintahkan dan menjauhi segala larangannya. Menyayangi dan mendoakan kebaikan untuk mereka khususnya ibu.

Dan mendoakan Mereka di setiap salat :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا



Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa saya dan (dosa) kedua orang tua saya. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil. Amin ya robbal alamin."



2.       Kedua menuntut ilmu

طلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

 

Marilah kita menuntut ilmu sepanjang Hayat. Karena ilmu adalah kehidupan bagi jiwa. Supaya menuntut ilmu mudah kita berdoa:

 

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِي فَهْمًا

“Ya Allah, tambahkanlah ilmu kepadaku dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, Amin ya robbal alamin”.

اُنْظُرْ مَا قَالَ وَلَا تَنْظُرْ مَنْ قَالَ

 

Demikianlah pidato yang saya sampaikan, bila ada salah kata Mohon dimaafkan.

Berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan


Wassalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Baca Juga : 




Monday, 27 October 2025

KEMULIAAN WANITA MUSLIMAH TEKS PIDATO UNTUK TINGKAT PROVINSI/WILAYAH

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillahirobbilalamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiya iwal mursalin wa ala alihi wa shahbihi ajmain amma ba'du.

Yang terhormat dewan juri Ida iya semoga Allah subhanahu wa ta'ala memanjatkan umurnya. Menyehatkan jasmani dan rohaninya, serta melancarkan rezekinya, Amin ya robbal alamin. Serta teman-teman Budiman yang saya sayangi.

Pertama dan paling utama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Atas limpahan nikmatnya terutama nikmat iman, nikmat sehat hingga kesempatan sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah barokah ini.

Sholawat berbingkai dan salam semoga senantiasa tetap tercurah limpahkan kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Yang telah diutus oleh Allah subhanahu wa ta'ala ke muka bumi ini sebagai rahmatan lil alamin.

Hadirin Wal hadirot rahimakumullah..

Perkenalkan nama saya Azahra Naila Putri, Di sini saya akan menyampaikan sepatah dua patah kata tentang "kemuliaan wanita muslimah".


Baca Juga : BERBAKTI KEPADA ORANG TUA TEKS PIDATO


Teman-teman.. (iya..), Teman-teman.. (iya..)

Islam sangat menaikkan wanita. Wanita adalah tiangnya agama. Islam memberikan pedoman pokok untuk mengatur kehidupannya. Supaya wanita terjaga marwahnya dan kemarahan wanita itu ada pada wanita muslimah.

Wanita muslimah adalah wanita mulia yang berhati bersih dan penuh kasih sayang. Cara untuk menjadi salah satu wanita muslimah yang mulia yaitu terdapat dalam Quran surat al-ahzab ayat 33 :

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Artinya : "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dahulu dan laksanakanlah salat tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasulnya.  Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu wahai ahli bait dan membersihkanmu sebersih-bersihnya".

 

Teman-teman.. (iya..), Teman-teman.. (iya..)

Pada ayat ini kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menjadikan wanita muslimah begitu mulia yaitu :

1. Pertama menutup aurat dan berpakaian sopan.

Wanita muslimah yang mulia senantiasa menutup aurat dengan baik. Karena dengan menutup aurat wanita muslimah akan selalu terjaga dengan ketaatan.

2. Kedua rajin belajar dan mencari ilmu.

Rasulullah SAW bersabda :

طلب العلم فريضه على كل مسلم

Artinya : "menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim"

Maka darinya menuntut ilmu itu adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang wanita muslimah yang mulia.


Baca Juga : MENELADAI RASULULLAH SALALLAHUALAIHI WASSALAM TEKS PIDATO



3. Ketiga berperilaku baik dan menyayangi sesama.

Wanita muslimah yang mulia akan selalu senang berbuat baik dan menyayangi sesamanya.

Teman-teman.. (iya..), Teman-teman.. (iya..)

Maka ketiga hal di atas yaitu pertama berpakaian yang menutup aurat dan sopan kedua rajin menuntut ilmu dan ketiga berperilaku yang baik adalah perilaku yang mencerminkan seorang wanita muslimah mulia.

Demikian atau saya ini sampaikan Jika ada salah kata mohon dimaafkan.

انظر ما قال ولا تنظر من قال

Lihatlah apa yang disampaikan dan jangan melihat siapa yang menyampaikan.

ن والقلام وما يسطرون فاستبقوا خيرات


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Baca Juga : 

TEKS PIDATO PENTINGNYA SILATURAHMI-Teks lomba tingkat Provinsi/Wilayah

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillahirobbilalamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiya iwal mursalin wa ala alihi wa shahbihi ajmain amma ba'du.

Yang terhormat dewan judi Ida iya semoga Allah subhanahu wa ta'ala memanjatkan umurnya. Menyehatkan jasmani dan rohaninya, serta melancarkan rezekinya, Amin ya robbal alamin. Serta teman-teman Budiman yang saya sayangi.

Pertama dan paling utama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Atas limpahan nikmatnya terutama nikmat iman, nikmat sehat hingga kesempatan sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah barokah ini.

Sholawat berbingkai dan salam semoga senantiasa tetap tercurah limpahkan kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Yang telah diutus oleh Allah subhanahu wa ta'ala ke muka bumi ini sebagai rahmatan lil alamin.

Hadirin Wal hadirot rahimakumullah..

Perkenalkan lah saya Adila nahda revanda. Saya ingin menyampaikan sebuah tausiyah yang berjudul "Pentingnya Silaturahmi".

Di dalam Alquran Allah telah beriman pada Alquran surat an-nisa ayat 36 yang berbunyi :

 

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

 

Artinya : dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukannya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baik kepada kedua orang tua, tari kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tentang gak jauh, teman sejawat, Ibnu Sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh Allah subhanahu wa ta'ala tidak menyukai orang lain sombong dan membanggakan diri.

Hadirin Wal hadirot rahimakumullah..

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda tentang anjuran menyambung tali silaturahmi yaitu :

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi" (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka dari hadis diatas kita dapat mengetahui bahwa menyambung tali silaturahmi hukumnya adalah ... (Wajib)

Janji kau meninggalkan silaturahmi kita akan mendapatkan.. (dosa)

Hadirin Wal hadirot rahimakumullah...

Setelah kita mengetahui hukum dari silaturahmi ini sekarang  Adila mau tanya nih.. ada yang sudah tahu apa saja manfaat dari silaturahmi? ( Belum/sudah)

1. Pertama dengan bersilaturahmi kita memiliki banyak teman dan saudara semakin sering kita bersilaturahmi semakin saudara dan teman menyayangi kita.

2. Kedua teslaturahmi bisa membuat kita bahagia karena kita dapat bertegur sapa dan bermain serta belajar bersama mereka itu semua akan membuat kita bahagia.

3. Ketiga gambar di silaturahmi disukai Allah subhanahu wa ta'ala dan rasulnya. Bali firman Allah di dalam Alquran yang mulia juga perintah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya.

Hadirin Wal hadirat rahimakumullah...

Maka dari ketiga manfaat bersilaturahmi ini. Marilah kita bersama untuk gemar melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hidup kita penuh berkah.

Demikian atau saya ini Adila sampaikan Jika ada salah kata mohon dimaafkan.

انظر ما قال ولا تنظر من قال

Lihatlah apa yang disampaikan dan jangan melihat siapa yang menyampaikan.

ن والقلام وما يسطرون فاستبقوا خيرات


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Saturday, 13 September 2025

Mengetahui Maulid Nabi Muhammad SAW dan Kegiatan Didalamnya



 Ilmu pendidikan Islam_ Maulid Nabi adalah suatu hari pengingat atas kelahiran Seorang Nabi yang Mulia. Pengingat ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan rasa bahagia atas telah dilahirkannya Nabi dan sekaligus Rasul yang diutus didunia.  Seorang yang  membawa Tujuan Agung dan besar atas sebuah pembebasan. Nabi yang kelahirannya akan mendatangkan cahaya kebenaran dan dimusnahkannya kebathilan. Seluruh alam tunduk dan patuh kepadanya dikecualikan orang kafir dan dzolim. Siapakah Nabi yang Hak tersebut  Yaitu Nabi Muhamamd Shalallahu'alaihi Wassalam.

Maulid Nabi Muhamamd Shalallahu'alaihi Wassalam adalah Hari yang sangat istimewa bagi umat Islam di mana Seorang nabi yang Agung dilahirkan di dunia dengan segala kemuliaan. Maulid nabi adalah istilah yang selalu kita dengar ketika Kita akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu salam dengan beberapa kegiatan-kegiatan didalamnya dan Tentu saja kegiatan-kegiatan tersebut mengingat kembali tentang sejarah beliau dalam menegakkan dakwah Islam.

Adapun kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengisi kegiatan Maulid  Nabi tercinta kita, Nabi Muhammad SAW seperti yang telah disampaikan oleh Ustadz Abdu Shomad tentang "hal apa saja yang bisa dilakukan dalam memperingati acara Maulid  Nabi Muhammad SAW" yaitu :

1. Membaca Al-Quran

membaca Al-Quran tentu adalah amalan mulia dalam menggapai Ridho Allah disetiap aktifitas manusia sebagai bentuk ibadah mengingat Allah. selalu membaca Al-Quran merupakan cara manusia dalam berzikir kepada Allah dalam setiap kesempatan. karena merupakan aktifitas mulia tentu jika disandingkan dalam kegiatan maulid Nabi ini merupakan aktivitas mulia yang bisa diteladani. mengingat Allah dan juga Rasulnya adalah bagian bentuk dari ketaatan. Kegiatan membaca Al-Quran bisa menjadi aktifitas mulia yang dilaksanakan dalam acara memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, apalagi jika ini dilakukan bersaa-sama.

2. Membaca Sejarah Nabi

tentu saja kita tahu bukan bahwa sejarah adalah bagian peting dalam kehidupan. begitu pula mengingat kembali sejarah nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan Islam. tentu adalah sebuah kegiatan agung yang dapat membangkitkan semangat berkemajun dalam beribadah umat ISlam. kejayaan dan berkembangnya umat isam hingga hari ini adalah bagian dari perjuangan Nabi Kita SAW dalam menegakkan kebenaran di muka bumi ini. Oleh karenanya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  dapat dilakukan dengan memutar kembali sejarah kehidupan beliau baik melalui cerita klasikal maupun pemutaran vidio dan menampilkan drama yang bercerita tentang kisah hidup belau SAW.

3. Membaca Do'a

Do'a adalah bagian dari kehidupan umat Islam. setiap nafas pada jiwa manusia tentu megharapkan sebuah impian yang dapat terkabul. Do'a adalah senjata bagi umat ISlam. Ibaratkan dalam berperang umat Islam akan mempergunakan do'a mereka sebagai senjata utama. mengapa demikian? karena do'a mampu mendekatka seorang hamba kepad Rabbnya.  Melalui do'a maka manusia akan memiliki kesadaran bahwa Tuhan dimuka bumi ini adalah satu-satu nya Tuhan yang hak untuk disembah dan dimintai dalam menggantungkan harapan dengan terkabulnya do'a.  oleh karenannya dengan membaca do'a maka diharapka acara Maulid Nabi adalah bagian dari cara umat Islam mendekatka diri kepada Allah SAW.

4. Silaturahim

Gemar bersilatuhami akan mndapatkan rizki. bersilaturahi dengan sesama anggota pengajian selain dari  mendapatkan rizki juga akan menjadi momen berharga untuk saling bertemu dan berbicara satu sam lain, bertukar fikiran dan juga dukungan dalam bersosial. maka dengan begitu bersilatuhim adalah kegiatan positif yang dapat membangun umat Islam yang kuat dan beradidaya. mengapa ? karena melalui gemar bersilaturahmi maka akan membuka peluang baru dan sejarah baru yang lebih gemilang kedepan.

5. Berbagi Makanan

berbagi makanan atau biasa disebut dengan bershodaqah adalah kegiatan positif yang dapat digunakan sebagai bagian dari mengisi acara.  membawa makanan atau minum yang dibawa saat acara pengajian lalu dimakan bersama dalam acara adalah bagian dari menumbuhkan semangat persatuan umat Islam. sehingganya kegiatan ini dapat menjadi teladan baik dalam menumbuhkan semangat berdakwah Islam dikhalangan umat. mengisi kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagi makanan adalah bentuk keteladanan kita kepada Nabi Muhammad yang gemar bershadaqah.

Demikian lah tadi lima kegiatan yang dapat kita lakukan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. semoga dengan mengingat kembali kisah dan sejarah Nab SAW dalam kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat bermanfaat di hari-hari lainya dengan kebaikan lagi dan lagi. sehigga  mengingat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW terpancar dalam semangat menegakkan kebenaran dalam beraktifitas disetiap harinya. 

Sunday, 6 July 2025

PENGERTIAN TENAGA KEPENDIDIKAN PERAN DAN TANTANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MADRASAH






 PENDAHULUAN

Pendidikan madrasah di Indonesia memiliki karakteristik yang khas, yakni menggabungkan pembelajaran ilmu agama dengan ilmu umum. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan peran penting dari berbagai pihak, terutama tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan dalam madrasah mencakup berbagai profesi, mulai dari pendidik hingga tenaga administrasi yang mendukung operasional madrasah. Keberhasilan pendidikan di madrasah sangat bergantung pada kualitas dan kinerja dari tenaga kependidikan ini.

 

A.      Pengertian Tenaga Kependidikan

Tenaga kependidikan adalah individu yang berperan dalam mendukung proses pendidikan di madrasah, baik dalam bidang administrasi, manajerial, maupun pengajaran. Mereka terdiri dari dua kategori utama, yaitu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan non-pendidik.

Tenaga Pendidik: Guru dan pengajar yang bertugas menyampaikan ilmu kepada siswa.

Tenaga Kependidikan Non-Pendidik: Staf yang mendukung kelancaran operasional madrasah seperti kepala madrasah, tata usaha, pustakawan, laboran, dan petugas kebersihan.

Peran kedua kelompok ini sangat krusial dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan kondusif bagi perkembangan siswa.

B.      Peran dan Fungsi Tenaga Kependidikan dalam Madrasah

1.       Pendidik (Guru)

Pendidik adalah ujung tombak dalam pendidikan madrasah. Tugas utama mereka adalah mengajar, mendidik, dan membimbing siswa agar mencapai tujuan pendidikan. Guru di madrasah tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai agama dan moral. Dalam hal ini, mereka memiliki peran ganda sebagai pengajar dan pembentuk karakter siswa.

2.       Kepala Madrasah

Kepala madrasah bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dan operasional madrasah. Mereka berfungsi sebagai pemimpin yang mengarahkan kebijakan pendidikan, mengatur kegiatan administrasi, serta melakukan supervisi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan. Kepala madrasah juga harus memastikan tercapainya tujuan pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi madrasah.

3.       Tata Usaha

Tata usaha berperan dalam mendukung kelancaran administrasi, baik itu terkait dengan data siswa, absensi, surat menyurat, hingga keuangan madrasah. Tanpa tenaga tata usaha yang handal, proses administrasi akan terhambat dan bisa mengganggu kelancaran operasional madrasah.

 

4.       Laboran dan Pustakawan

Laboran bertanggung jawab dalam pengelolaan laboratorium, baik itu laboratorium IPA maupun laboratorium komputer. Mereka memastikan bahwa fasilitas laboratorium berfungsi dengan baik dan siap digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Sementara itu, pustakawan berperan dalam pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar, baik bagi siswa maupun guru.

5.       Petugas Kebersihan dan Keamanan

Petugas kebersihan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan madrasah. Keberadaan mereka sangat penting dalam menciptakan atmosfer yang kondusif bagi kegiatan belajar. Demikian juga dengan petugas keamanan, yang menjaga agar seluruh civitas madrasah merasa aman selama berada di lingkungan sekolah.

C.      Tantangan yang Dihadapi Tenaga Kependidikan di Madrasah

1.       Keterbatasan Sumber Daya

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh tenaga kependidikan di madrasah adalah keterbatasan anggaran dan sumber daya. Banyak madrasah, terutama yang berada di daerah terpencil, kesulitan dalam menyediakan fasilitas yang memadai dan mengikuti perkembangan teknologi pendidikan.

2.       Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi

Kualitas tenaga kependidikan, khususnya guru, perlu terus ditingkatkan agar dapat memenuhi standar pendidikan yang berlaku. Pelatihan dan sertifikasi yang kurang memadai sering kali menjadi penghambat bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Ditambah lagi, beberapa madrasah masih belum memiliki akses yang cukup terhadap pelatihan berbasis teknologi informasi yang sangat diperlukan di era digital ini.

3.       Beban Administrasi yang Berat

Tenaga kependidikan non-pendidik seperti tata usaha sering kali dibebani dengan banyaknya tugas administratif yang tidak ada habisnya. Beban administratif yang berlebihan dapat mengganggu kinerja mereka dalam mendukung proses pendidikan yang optimal.

4.       Stabilitas Karir

Banyak tenaga kependidikan yang bekerja dengan kontrak atau honorer, yang menjadikan mereka rentan terhadap ketidakpastian. Status pekerjaan yang tidak tetap ini dapat mengganggu motivasi dan kinerja mereka, karena mereka tidak memiliki jaminan karir yang jelas di masa depan.

 

5.       Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kependidikan

a.       Pelatihan dan Pendidikan Berkelanjutan

Madrasah perlu menyediakan pelatihan yang berkualitas bagi tenaga kependidikan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan ini bisa mencakup bidang akademik, manajerial, penggunaan teknologi informasi, serta pengembangan soft skills seperti komunikasi dan kerja tim.

b.      Pemenuhan Kebutuhan Infrastruktur

Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai merupakan langkah penting untuk mendukung kinerja tenaga kependidikan. Madrasah perlu memperbaiki dan melengkapi fasilitas pendidikan, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium yang lengkap, dan akses internet yang memadai.

c.       Peningkatan Kesejahteraan

Tenaga kependidikan yang sejahtera akan lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Oleh karena itu, peningkatan kesejahteraan tenaga kependidikan, baik melalui gaji yang layak, tunjangan, maupun fasilitas lainnya, menjadi faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja mereka.

d.      Pemberdayaan Teknologi

Penggunaan teknologi dalam pengelolaan administrasi, proses pembelajaran, serta komunikasi antara tenaga kependidikan dan siswa sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Madrasah perlu berinvestasi dalam pelatihan teknologi serta peralatan yang mendukung pendidikan berbasis teknologi.

 

KESIMPULAN

Tenaga kependidikan memainkan peran yang sangat vital dalam pendidikan madrasah. Tanpa tenaga kependidikan yang kompeten dan berdedikasi, tujuan pendidikan madrasah yang holistik, mengintegrasikan ilmu agama dan umum, tidak akan tercapai secara maksimal. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan, upaya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan tenaga kependidikan harus terus dilakukan. Madrasah perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan lebih efisien.

 


Friday, 10 January 2025

FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM | ILMU PENDIDIKAN ISLAM


Dalam menjalankan sebuah pendidikan yang berlandaskan Islam, maka memahami fungsi ilmu pendidikan Islam adalah penting. Hal ini karena dengan memahami apa itu fungsi pendidikan Islam akan memberikan motivasi dan juga semangat dalam berpendidikan terutama dalam memahami dan mengajarkan ilmu pendidikan islam itu sendiri.

Fungsi pendidikan Islam tidak akan terlepas dari peran dan juga pengaruh pendidikan itu sendiri dalam memberikan dampak positif bagi umat manusia saat ini dan juga nanti. Peran dan juga pengaruh positif sudah pasti sangat diharapkan dalam memahami dan mempelajari pendidikan ini.

Maka berikut penjelasan dari fungsi Ilmu Pendidikan Islam :

Fungsi menurut Kamus Online Lengkap Bahasa Indonesia (2008) adalah merupakan kegunaan suatu hal, daya guna serta pekerjaan yang dilakukan.

Melalui pengertian diatas dapat dipahami bahwa fungsi adalah suatu kegunaan atau suatu yang memiliki daya guna dalam pekerjaan ataupun peran dalam menghasilkan juga membantu mencapai tujuan.

Adapun fungsi dari pendidikan islam sendiri menurut Ahmadi dalam kajian Antropologi dan Sosiologi pada Pandangan Qur’ani adalah :

1.      Mengembangkan wawasan mengenai jati diri manusia, alam dan juga kesadaran Ilahiyah hingga tumbuh kreatifitas.

2.      Menyucikan diri dari perilaku yang dapat merusak fitrah manusia dengan memberikan pembinaan atau bimbingan dengan lebih mendalam mengenai nilai insani dan juga nilai ilahi dalam diri peserta didik.

3.      Mengembangklan ilmu pengetahuan untuk menompang dan juga memajukan kehidupan individu maupun sosial.

Sedangkan menurut Yusuf Amir pendidikan Islam berfungsi sebagai berikut :

1.      Individualisasi nilai dan ajaran Islam yaitu membentuk insan yang muttaqin.

2.      Sosialisasi nilai dan ajaran Islam dalam membentuk umat Islam sendiri.

3.      Rekayasa kultur dalam berkembang peradaban Islam.

4.      Menemukan, mengembangkan dan memelihara tehnologi dan keterampilan dalam membentuk manusia yang profesional.

5.      Pengembangan intelektual muslim agar mampu mengembangkan dan memelihara ilmu dan tehnologi.

6.      Pengembangan pendidikan dalam berbagai bidang seperti fisika, ekonomi, arsitektur dan lainnya.



Baca Juga : Karakteristik Ilmu Pendidikan Islam dan Dalil Yang Melandasinya



Maka melalui kedua pendapat tokoh Islam diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi pendidikan Islam adalah :

1.      Fungsi personalisasi yaitu pembentukan karakter yang berakhlakul karimah.

2.      Fungsi sosialisasi yaitu pembentuk masyarakat yang madani.

3.      Fungsi kulturisasi yaitu pembentukan kultur budaya masyarakat Islami.

4.      Fungsi teologisasi yaitu penguatan keyakinan seusai dengan ajaran Islam.

Adapun bentuk dari fungsi yang telah dijelaskan diatas dilakukan dengan cara-cara berikut yaitu :

1.      Preventif adalah sebagai upaya pencegahan yaitu dalam penerapan pendidikan Islam berfungsi sebagai pencegahan dari hal-hal yang dapat melanggar fitrah manusia sendiri dalam berkehidupan.

2.      Terapi adalah sebagai penyembuhan yaitu Pendidikan Islam sebagai upaya penyembuhan dengan pendampingan untuk membentuk manusia individual dan juga sosial menjalankan kehidupan dan agama Islam dengan sebaiknya.

3.      Huda adalah sebagai petunjuk yaitu Pendidikan Islam sebagai petunjuk dalam membentuk masyarakat Madani yaitu dengan berlandaskan Al-Quran dan Hadits.

4.      Rahmah adalah sebagai berkasih sayang yaitu berkasih sayang dalam bentuk menyadarkan dengan pemahaman, penghayatan, dan pengembangan kehidupan manusia dalam tehnologi dan juga keterampilan untuk membentuk manusia madani.

 


Baca Juga : Administrasi Pendidikan Islam

 


REFERENSI

Diakses pada tanggal 10 Januari 2025 pada : http://repository.unimar-amni.ac.id.

 

Ali, Muzdakir. Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang,2012, PKPI2 Universitas Wahid Hasyim).

Friday, 3 January 2025

LANGKAH PEMBANGUNAN DAN PENDIRIAN MADRASAH | ILMU PENDIDIKAN ISLAM

 

Tulisan tangan dari saya ini. Saya persembahkan bagi guru Madrasah maupun sekolah. Dimana mereka membutuhkan akses pendidikan yang baik dan mumpuni didaerahnya. serta  ingin melakukan pendirian pendidikan maupun pembangunan Madrasah atau Sekolah agar memiliki fisilitas dan akses terbaik bagi madrasah tersebut".



Salam Pendidikan. 

 


A.    Pengertian Pembangunan

Menurut S.P. Siagian yang ditulis dalam website Gramedia. Blog mengartikan pembangunan adalah usaha yang dilakukan secara sadar  oleh  suatu bangsa, negara, dan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan nasional melalui pertumbuhan dan perubahan yang terencana menuju masyarakat modern.

Adapun pengertian lain yang di sampaikan oleh Ginanjar Kartasasmita mengenai pembangunan adalah suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana.

Melalui dua pengertian tersebut diatas dapat kita simpulkan bahwa pembangunan adalah segala daya dan upaya dilakukan melalui perencanaan , keinginan dan tujuan untuk berkemajuan.

 

B.     Tujuan pembangunan

Tujuan pembangunan tentu saling berkaitan erat dengan pengertian dari pembangunan itu sendiri. Dimana pembangunan adalah daya dan upaya yang dilakukan untuk berkemajuan. Maka sudah tentu pengertian dari tujuan pembangunan itu sendiri adalah untuk mencapai kemajuan dari keinginan yang dilakukan dengan perencaan yang baik dan diimplementasikan dalam usaha.

 

Adapun pengertian lain yang dipaparkan oleh Yundri Akhyar dalam jurnalnya tentang Pembinaan Dan Peningkatan Mutu Madrasah Ditinjau Dari Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional bahwasannya beliau menyampaiakan tentang tujuan pendirian madrasah pertama kalinya di Indonesia ialah untuk mentransmisikan nilai-nilai Islam, selain untuk memenuhi kebutuhan modernisasi pendidikan.

 

Maka ditinjau dari pendirian serta pengertian pembangunan yang disampaikan diatas, maka dapat dipahami bahwa pembangunan madrasah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam sebuah pendidikan, dimana nilai tersebut disinergikan dengan mengikuti perkembangan  zaman.

 

Pendirin serta pembangunan madrasah tentu saling berkaitan satu sama lain. Hal ini karena pendirian dan pembangunan itu sendiri adalah daya upaya dalam mengadakan sebuah impian dalam hal ini mengadakan pendidikan madrasah agara dapat beridiri dan berkembang terus menerus berkemajuan.

 


Baca Juga : Syarat-Syarat Pendidikan Dalam Pendidikan Islam



C.    Jenis Pembangunan Madrasah

 

pembangunan madrasah dibedakan menjadi dua jenis yaitu pembangunan secara fisik dan Non fisik. Menurut Wresniworo pembangunan fisik berupa Infrastruktur, bangunan, fasilitas umum. Sedangkan pembangunan non fisik adalah jenis pembangunan yang tercipta oleh dorongan masyarakat setempat dan memiliki jangka waktu yang lama.

Dari pengertian yang disampaikan diatas, Berikut ini pembeda dari dua jenis pembangunan yang disampaikan tersebut :

a.      Pembangunan fisik  madrasah

Pembangun fisik ini sangat terlihat dan dapat dirasakan keberadaannya seperti bangunan gedung, fasilitas madrasah, akses jalan, serta tersedianya fasilitas pembelajaran dan ibadah. Pembangunan fisik ini sangat penting dan harus diperhatikan secara keseluruhan. Hal ini karena pembangunan fisik dalam sebuah madrasah akan sangat mempengaruhi keberadaan dan proses kegiatan utama didirikannya madrasah itu sendiri yaitu sebagai tempat belajar dan mengajar dalam proses pendidikan.

Tanpa adanya pembangunan fisik madrasah tentu tidak akan berjalan seacara semestinya. Hal ini karena banyak kendala dan permasalahan yang akan timbul sealama pelaksanaan proses pendidikan dikarenakan fasilitas belajar yang tidak mampu menampung seluruh kegiatan siswa dalam pembelajaran.

 

b.      Pembangunan non fisik madrasah

Pembangunan non fisik madrasah adalah pembangunan yang sifatnya tidak berwujud namun kehadirannya dapat dirasakan oleh pembangunan madrasah  sendiri. Hal ini disampaikan oleh Yumono mengenai pembangunan non fisik ini bahwa Pembangunan yang telah dicanangkan selama ini dapat berjalan sesuai dengan bersama apabila mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat.

Maka dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa pembangunan non fisik yang menjadi landasan atau dasar dengan adanya pembangunan adalah tanggapan positif  dari masyarakat dengan keberadaan madrasah tersebut.

Melalui anggapan dan penilaian dari masyarakat tentang pentingnya kehadiran madrasah tersebut maka akan menjadikan keberadaannya adalah sebuah aset yang bernilai bagi masyarakat sebagai pencipta calon generasi masyarakat berkemajuan. Kata lain dari pembangunan non fisik ini yaitu berkenaan dengan kualitas madrasah.

Adapun contoh lain dari pengertian pembangunan non fisik ini yaitu mengenai kualitas pendidikan didalamnya yaitu kualitasberkenaan dengan segala administrasi pendidikan, proses belajar mengajar, materi penting apa saja yang diajarkan, serta hasil lulusan dari madrasah tersebut.

Pembangunan nono fisik ini juga tak kalah penting untuk dilaksanakan. Hal ini karena pembangunan fisik adalah pembangunan atau pemeliharaan Jasmani/ tubuh madrasah sedangkan  non fisik adalah pembangunan atau pemeliharaan  Rohani/ ruh nya madrasah.

Dua pembangunan ini adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

 


 Baca Juga :  10 Ayat dakwah dan Asbab An Nuzul



D.    Langkah-Langkah Pembangunan Dan Pendirian Madrasah

Setelah mengetahui pengertian dan jenis pembangunan madrasah diatas. Maka dalam memulai melakukan pembangunan dan pendirian madrasah dapat di laksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

a.       Adanya proses pendidikan yang intens dilakukan sebagai proses pembelajaran antara pendidik dan peserta didik sebagai penyebab dibutuhkannya proses pembangun madrasah yang harus dilakukan. Semua hal tentang pendidikan adalah didasari dengan kesadaran akan pentingnya pendidikan tersebut hadir atau berdiri.

b.      Segera Menjalin musyawarah antara tokoh masyarakat, pemuka agama dan organisasi atau yayasan dalam memahami  pentingnya pembangunan madrasah yang segera dilaksanakan. Tanpa menjalin kerja sama dengan masyarakt sekitar, Pembangunan akan sangat sulit dilakukan Walaupun tujuan didirikan madrasah tersebut adalah  baik. Hal ini karena  kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan pendidikan bagi keberlangsungan pendidikan itu sendiri adalah suatu kesadaran yang utuh dan harus dimiliki dalam sebuah pembangunan atau pendirian madrasah/sekolah.

c.       Mencapai satu kesepakatan dan satu suara. Apabila menjalin musyawarah dapat dengan baik dilakukan dan berjalan dengan lancar. Maka pembangunan fisik dapat dimulai dengan sistem pembangunan madrasah yang pendanaan dengan segala asepk yang dibuthkan dapat di angkat secara pribadi, organisasi ataupun gotong royong masyarakat. Hal ini juga dapat membangun adanya kesadaran secara moril dan materil dalam proses pelaksaan pembangunan untuk ikut andil didalamnya.

Proses pembangunaan fisik disini mengacu sesuai dengan standar pendidikan Nasional. Hal ini dilakukan sesuai dengan kemampuan masyarakat atau organisasi  pendirian madrasah itu sendiri.

d.      Setelah  proses pembangunan fisik tercapai maka hal yang harus terus menerus dilakukan adalah memantasakan diri atau menghadirkan kualitas pendidikan madrasah yang baik. Hal ini sejalan tujuan didirikannya madrasah tersebut yaitu madrasah berkemajuan. Melalui kualitas yang terus di tingkatkan baik dari segi pengajar, materi ajar, media belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan dengan baik. Maka akan meningkatkan pembangunan madrasah yang berkemajuan.

e.       Membangun relasi diluar lingkungan masyarakat yaitu sesama madrasah atau sekolah dilingkungan tersebut. Juga membangun sistem regulasi yang baik di instansi atas madrasah tersebut yaitu sebagai tempat bernaung.

Adapun bagi madrasah sendiri tempat bernaung pendidikan dan segala aspek belajar mengajar diatur didalamnya oleh Kementerian Agama. Sedangkan bagi Sekolah Dasar sendiri tempat bernaung dan aturan belajar lainnya dibawah pengawasan Dinas Pendidikan.

Menjalin regulasi dan relasi keatas sangat penting dilakukan karena segala yang berkaitan dengan pendidikan baik izin operasional, kualitas pendidikan dalam Akreditasi, maupun berkaitan dengan Bantuan pemerintah untuk madrasah tersebut baik untuk siswa dan guru didalamnya, seluruhnya bernaung di kedua instansi tersebut.

Tanpa menjalin kerjasama diantara keduanya maka proses pendidikan yang dilakanakan disebut ilegal. Hal ini karena tidak masuk dalam standar Izin operasional Pendidikan Nasional atau tidak memenuhi persyaratan pelayanan pendidikan Nasional yang memadai untuk menampung siswa dan guru didalamnya.

 


Baca Juga : Karakteristik Pendidikan Islam dan Dalil yang Mendasarinya



Maka melalui pemahaman dan langkah-langkah pembangunan madrasah diatas dapat dipahami bahwa pendirian madrasah dapat dengan baik dilakukan apabila semua yang berkaitan dengan madrasah tersebut baik fisik maupun non fisik dapat bersinergi dengan baik. Adapun landasan yang mendasari pendirian madrasah itu sendiri tentu berkaitan dengan kasadaran seberapa pentingnya kehadiran madrasah tersebut bagi masyarakat. Sehingga melalui suport sistem yang baik dan dukungan masyarakat yang penuh maka dengan kehadiran atau keberadaan madrasah tersebut sangat diapresiasi demi penuntasan pendidikan Islam berkemajuan kini dan nanti yaitu kemajuan madrasah  di masa mendatang.

 Salam Madrasah Berkemajuan !




Referensi

Dibaca pada tanggal 3 Januari 2025 dalam Gramedia Blog : https://www.gramedia.com/literasi/teori-pembangunan/#google_vignette

Dibaca pada tanggal 3 januari 2025 dalam website Digilib.unila.ac.id :

http://digilib.unila.ac.id/982/8/BAB%20II.pdf

Akhyar, Yundri. Dalam : https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/download/3835/2371