PENJELASAN BERDASARKAN
BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Drs.Beni
Ahmad Saebani, M.Si. dan Hendra Akhdiyat, M.Pd.
A.
PENGERTIAN
Kegunaan
merupakan kata lain dari manfaat. Setiap dasar ataupun tujuan yang dilakukan dalam
upaya pembangunan maupun pertumbuhan maka akan tergantung pada manfaat atau
kegunaannya dalam pembangunan tersebut. Sudah tentu bila seseorang manusia
melakukan sesuatu hal yang paling mendasar dipikirannya adalah seberapa besar
manfaatnya.
Hal ini tentu berlaku
pula pada Ilmu Pendidikan Islam yang diberlakukan dalam lembaga pendidikan
formal maupun non formal. Haruslah memiliki kegunaan atau manfaat untuk
penggunannya. Apabila pendidikan islam tidak mampu memeberikan manfaat dalam
bidang pendidikan maka tidak perlu pendidikan Islam dipraktekkan dalam tatanan
Kependidikan. Maka tolak ukur kegunaan Ilmu Pendidikan Islam dalam bidang
pendidikan haruslah diketahui. Hal ini agar dikemudian hari tujuan maupun
strategi Ilmu Pendidikan Islam berkembang maka tumbuh dan berkembang pula
generasi yang sesuai dengan tolak ukur dari manfaat tersebut.
Dalam konteks
pendidikan Islam, manfaat dari Ilmu Pendidikan Islam bagi generasi Islam nanti
dan yang akan datang adalah dampak positif yang diakibatkan dari mempelajari
ilmu agama yang memperbaiki seluruh tatanan kehidupan bagi seorang yang
mempelajarinya. Karena mempelajari ilmu-ilmu dari sang pencipta tentu saja
membawa keluasan intelektual rohaniyah maupun jasmaniyah dibandingkan
mempelajari ilmu dari penelitian manusia.
B.
KEGUNAAN
ATAU MANFAAT PENDIDIKAN ISLAM
Tolak ukur kegunaan
atau manfaat sangatlah penting demi tercapainya cita-cita atau tujuan kependidikan.
Adapun tujuan awal dari adanya Ilmu Pendidikan Islam adalah menciptakan manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sedang manfaat atau kegunaan ilmu pendidikan
Islam adalah sebagai berikut :
1. Menambah
pengetahuan yang lebih luas mengenai Allah dan ciptaan-Nya atau biasa disebut
denan Ilmu agama dan Ilmu Umum.
2. Menambah
dan menguatkan keimanan kepada para peserta didik dan menanamkan nilai ajaran
Islam yang menjadi sumber ilmu pengetahuan
3.Ilmu
yang memberikan pengetahuan dengan diimbangi nilai ibadah karena mempelajari
maupun mengembangkan ajaran Allah SWT.
4.Memperluas
dan memperdalam penafsiran ayat-ayat Al-quran.
5.Menyadarkan
bahwa Al-Quran merupakan induknya dari segala ilmu penetahuan.
6. Memperlihatkan
kepada manusia bahwa Al-Quran adalah kitab yang diturunkan oleh Yang Kuasa
dengan Ilmu pengetahuan yang ada didalamnya tidak terhalang oleh waktu.
7.Mengajarkan
peserta didik secara langsung praktek ke islaman dalam kehidupan.
8.Meninggikan
intelektual dan emosional yang baik.
9.Membentuk
kepedulian sosial dan memiliki sifat Amar ma’ruf nahi munkar.
10.Mengembangkan lembaga Pendidikan Islam
agar dapat bersaing dengan Pendidikan Umum lainnya.
11.Mengkaji Al-qur’an dan As-Sunnah untuk
menemukan teori baru yang ada didalamnya.
12.Mengembangkan teori yang sudah ada dan
mengujinya sesuai dengan Ilmu pendidikan Islam.
13.Menciptakan pendidikan islam yang
memilki kualiats yang baik.
14. Membangun lembaga Pendidikan Islam yang
di senangi oleh masyarakat umum.
15. Mencetak kader Ulama yang profesional
diidangnya.
16.Sebagai pembuktian teori-teori dalam
Al-Qur’an dan As-sunnah mampu dibuktikan kebenarannya dalam fakta kehidupan.
Beberapa poin diatas merupakan bentuk
peringatan bagi para pendidik maupun pengurus lembaga untuk dapat memperbaiki
diri dan meningkatkan kualitas Pendidikan Islam dari sumber daya manusia,
sarana maupun prasarana dalam mencapai tujuan ataupun cita-cita pendidikan.
C.
PELAKSANAAN
PENDIDIKAN ISLAM
Dari
beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas. Maka diperlukan pelaksanaan yang
baik dalam mencapai manfaat yang telah disebutkan secara menyeluruh sehingga
mencapai tujuan yang diinginkan dan menghindari kemudharatan yang berakibat
tidak baik bagi tercapainya tujuan pendidikan islam yaitu :
1.Melihat
suatu permasalahan yang berkenaan dengan pendidikan islam adalah proritas dari
permasalahan yang harus diutamakan.
2.Menyesuaikan
segala bentuk aplikasi dengan tujuan pendidikan islam sebagai cermin dari
agama.
3.Proses
pendidikan adalah manfaat yang konkret dalam pendidikan yang memberikan
pendidikan praktis sesuai dengan realita kehidupan.
Baca juga :FUNGSI ILMU PENDIDIKAN ISLAM
No comments:
Post a Comment
Jika ada pertanyaan dan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan artikel. Langsung saja kalian tulis di contak comment yang kami sediakan atau click post a comment dan jangan lupa untuk Berkomentar yang baik ð