Pages

Thursday, 29 September 2016

ILMU PENDIDIKAN ISLAM, TUJUAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM (ILMU PENDIDIKAN ISLAM : Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si. dan Hendra Akhdiyat, M.Pd.)



PENJELASAN BERDASARKAN BUKU
“ILMU PENDIDIKAN ISLAM”
Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si. dan Hendra Akhdiyat, M.Pd.


A.    TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Tujuan merupakan bagian dari pencapaian dsecara keseluruhan dalam mewujudkan keinginan. Adapun dalam mencapai tujuan tersebut tentu harus dengan usaha yang panjang dan kerja keras yang tinggi, hal itu merupakan bagian dari ikhtiyar maksudi yaitu usaha dalam mencapai maksud.

Dalam pendidikan islam tujuan dari diadakannya pendidikan pada generasi muda atau penerus perjuangan dalam segala bidang keagamaan dan ketatanegaraan adalah tercipta manusia yang beriman dan bertaqwa. Mengapakah harus beriman dan beratqwa, karena iman merupakan bagian dari membentuk akhlak sedangkan akhlak tercermin dalam kurikulum pendidikan.

Pendidikan Islam bertujuan membangun karekater anak didik yang kuat menghadapi berbagai cobaan dalam kehidupan dan telaten, sabar, serta cerdas dalam memecahkan masalah yang dihadapi. (halaman 147)

Berikut merupakan bagian dari indikator kurikulum dalam mencapai tujuan pendidikan islam. Indikator merupakan langkah-langkah atau upaya-upaya yang dilakukan dalam mencapai tujuan adalah :

1.      Membentuk Anak didik yang cerdas dengan intelektual yang dimiliki tinggi. Intelektual yang tinggi dalam hal ini yaitu mampu menyelesaikan program-program sekolah secara baik dan benar.

2.      Membentuk anak didik yang memiliki kesabaran dan kesalehan emosional yang tinggi yaitu dengan ditandai kedewasaan yang baik. Mampu mengatur dan memahami masalah yang dihadapi dengan sebaiknya.

3.      Memiliki kesalehan yang tinggi melalui spiritual yang baik yaitu menjalan perintah Allah SWT dan Rasullnya. Hal ini dapat diperlihatkan melalui menjalankan dan mengimani  6 rukun Iman  dan 5 rukun Islam.




Ketiga indikator tersebut dapat disistematisasi yaitu lebih diatur kembali sebagai langkah-langkah dalam pencapaian tujuan , sebagai berikut :

1.Mencapai insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT

2.Terwujud insan yang berakhlakul karimah

3.Terwujudnya insan yang memiliki kepribadian.

4.Insan yang cerdas dalam mengaji dan mengkaji  ilmu agama dan pengetahuan.

5. Insan yang bermanfaat untuk kehidupan orang lain .

6.   Insan yang sehat rohani dan jasmani
7.Insan yang memiliki rasa tanggung jawab menyebarkan ilmu agama dan pengetahuan yang dimiliki dengan sesamannya.

Indikator tersebut sesuai dengan Q.s Al-Mujadilah ayat 11 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Dari ayat tersebut jelas Allah sedang membahas mengenai pendidikan dan lembaga pendidikan dalam membentuk manusia yang beriman, bertaqwa dan berilmu pengetahuan. Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya yaitu mengenai ILMU PENDIDIKAN ISLAM, PERBEDAAN ANTARA DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM DENGAN DASAR ILMU PENDIDIKAN BARAT bahwa pendidikan islam dikembangkan bertujuan hanya ada dua komponen mendasar yaitu memahami Al-qur’an dan Al-hadist, Mengapa demikian ?
 Ilmu yang Al-quran dan Al-hadist ajarkan merupakan ilmu yang paling mendasar dalam mencapai kecerdasan disegala bidang dan hal ini dapat kita ketahui dari kemajuan Islam di zaman para sahabat , tabiin dan tabi’in tabi’in. Adapun kemajuan yang paling emas umat islam dalam segala bidang pengetahuan yaitu zaman Abbasiyah.

B.     PENDAPAT PARA TOKOH MENGENAI PENDIDIKAN ISLAM

  1.menurut Zuhairi tujuan pendidikan islam terdiri dari :

   1. pembinaan kepribadian (nilai formal)
v  sikap (atitute).
v  daya pikir praktis rasional.
v   objektivitas.
v  loyalitas kepada bangsa dan ideologi.
v  sadar nilai moral dan agama.

 2. pembinaan aspek pengetahuan (nilai materiil), yaitu materi ilmu itu sendiri.

  3. pembinaan aspek kecakapan, keterampilan (skill) nilai-nilai praktis. Pembinaan jasmani dan rohani yang sehat.

  2.H.M. Arifin membedakan tujuan secara teoretik dan secara proses sebagai berikut :

a.tujuan intermediair (batasan kemampuan yang harus dicapai), tujuan akhir (realisasi dari cita-cita ajaran islam),dan  tujuan insidental (peristiwa tertentu sebagai tujuan atau landasan dalam menggapai tujuan dari intermediair).

b.pendekatan sistem intruksional yaitu tujuan yang harus dicapai berdasarkan program pendidikan.

c. segi pembidangan rugas dan fungsi manusia secara filosofis yaitu tujuan individual, sosial dan profesional.

d. tinjauan dari segi pelaksanaannya yaitu menyangkut operasional dan fungsional.


No comments:

Post a Comment

Jika ada pertanyaan dan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan artikel. Langsung saja kalian tulis di contak comment yang kami sediakan atau click post a comment dan jangan lupa untuk Berkomentar yang baik 🙂