Friday, 30 September 2016

ILMU PENDIDIKAN ISLAM, DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM



PENJELASAN BERDASARKAN
BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Drs.Beni Ahmad Saebani, M.Si. dan Hendra Akhdiyat, M.Pd.


A.   PENGERTIAN
Kegunaan merupakan kata lain dari manfaat. Setiap dasar ataupun tujuan yang dilakukan dalam upaya pembangunan maupun pertumbuhan maka akan tergantung pada manfaat atau kegunaannya dalam pembangunan tersebut. Sudah tentu bila seseorang manusia melakukan sesuatu hal yang paling mendasar dipikirannya adalah seberapa besar manfaatnya.

Hal ini tentu berlaku pula pada Ilmu Pendidikan Islam yang diberlakukan dalam lembaga pendidikan formal maupun non formal. Haruslah memiliki kegunaan atau manfaat untuk penggunannya. Apabila pendidikan islam tidak mampu memeberikan manfaat dalam bidang pendidikan maka tidak perlu pendidikan Islam dipraktekkan dalam tatanan Kependidikan. Maka tolak ukur kegunaan Ilmu Pendidikan Islam dalam bidang pendidikan haruslah diketahui. Hal ini agar dikemudian hari tujuan maupun strategi Ilmu Pendidikan Islam berkembang maka tumbuh dan berkembang pula generasi yang sesuai dengan tolak ukur dari manfaat tersebut.

Dalam konteks pendidikan Islam, manfaat dari Ilmu Pendidikan Islam bagi generasi Islam nanti dan yang akan datang adalah dampak positif yang diakibatkan dari mempelajari ilmu agama yang memperbaiki seluruh tatanan kehidupan bagi seorang yang mempelajarinya. Karena mempelajari ilmu-ilmu dari sang pencipta tentu saja membawa keluasan intelektual rohaniyah maupun jasmaniyah dibandingkan mempelajari ilmu dari penelitian manusia.

B.   KEGUNAAN ATAU MANFAAT PENDIDIKAN ISLAM

Tolak ukur kegunaan atau manfaat sangatlah penting demi tercapainya cita-cita atau tujuan kependidikan. Adapun tujuan awal dari adanya Ilmu Pendidikan Islam adalah menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sedang manfaat atau kegunaan ilmu pendidikan Islam adalah sebagai berikut :

 1.     Menambah pengetahuan yang lebih luas mengenai Allah dan ciptaan-Nya atau biasa disebut denan Ilmu agama dan Ilmu Umum.

2.     Menambah dan menguatkan keimanan kepada para peserta didik dan menanamkan nilai ajaran Islam yang menjadi sumber ilmu pengetahuan

3.Ilmu yang memberikan pengetahuan dengan diimbangi nilai ibadah karena mempelajari maupun mengembangkan ajaran Allah SWT.

4.Memperluas dan memperdalam penafsiran ayat-ayat Al-quran.

5.Menyadarkan bahwa Al-Quran merupakan induknya dari segala ilmu penetahuan.

6.  Memperlihatkan kepada manusia bahwa Al-Quran adalah kitab yang diturunkan oleh Yang Kuasa dengan Ilmu pengetahuan yang ada didalamnya tidak terhalang oleh waktu.

7.Mengajarkan peserta didik secara langsung praktek ke islaman dalam kehidupan.

8.Meninggikan intelektual dan emosional yang baik.

9.Membentuk kepedulian sosial dan memiliki sifat Amar ma’ruf nahi munkar.

10.Mengembangkan lembaga Pendidikan Islam agar dapat bersaing dengan Pendidikan Umum lainnya.

11.Mengkaji Al-qur’an dan As-Sunnah untuk menemukan teori baru yang ada didalamnya.

12.Mengembangkan teori yang sudah ada dan mengujinya sesuai dengan Ilmu pendidikan Islam.

13.Menciptakan pendidikan islam yang memilki kualiats yang baik.

14. Membangun lembaga Pendidikan Islam yang di senangi oleh masyarakat umum.

15. Mencetak kader Ulama yang profesional diidangnya.

16.Sebagai pembuktian teori-teori dalam Al-Qur’an dan As-sunnah mampu dibuktikan kebenarannya dalam fakta kehidupan.

Beberapa poin diatas merupakan bentuk peringatan bagi para pendidik maupun pengurus lembaga untuk dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas Pendidikan Islam dari sumber daya manusia, sarana maupun prasarana dalam mencapai tujuan ataupun cita-cita pendidikan.

C.   PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM
Dari beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas. Maka diperlukan pelaksanaan yang baik dalam mencapai manfaat yang telah disebutkan secara menyeluruh sehingga mencapai tujuan yang diinginkan dan menghindari kemudharatan yang berakibat tidak baik bagi tercapainya tujuan pendidikan islam yaitu :

1.Melihat suatu permasalahan yang berkenaan dengan pendidikan islam adalah proritas dari permasalahan yang harus diutamakan.

2.Menyesuaikan segala bentuk aplikasi dengan tujuan pendidikan islam sebagai cermin dari agama.

3.Proses pendidikan adalah manfaat yang konkret dalam pendidikan yang memberikan pendidikan praktis sesuai dengan realita kehidupan.



No comments: