Pendahuluan
Ilmu pendidikan Islam merupakan paradigma atau model
pendidikan yang merujuk pada nilai-nilai ajaran islam yaitu menjadikan Al-Quran
dan As-Sunnah sebagai sumber formal dan material pendidikan. dalam pembahasannya,
ilmu pendidikan islam memiliki ruang lingkup yang sangat luas.dimana dapat
dilihat dari bidang keilmuan yang integral dengan tuntutan pendidikan yang
beragam.
Oleh karena itu dalam penulisan saat ini akan dibahas
mengenai ruang lingkup pendidikan islam. Tujuan dari pembahasan ini diharapkan
agar para pembaca mengetahui apa saja ruanglingkup dalam ilmu pendidikan islam
yang akan dijangkau. Maka untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam pargraf
Pembahasan berikut :
Pembahasan
Ruang lingkup merupakan aspek-aspek apa saja yang menjadi
obyek pembahasan dalam suatu konteks atau wacana yang akan diamati. Dalam ruanglingkup
akan terindetifikasi secara jelas mana aspek yang sesuai dengan konteks wacana
dan yang tidak sesuai untuk dibahas.
Maka berikut ini adalah aspek-aspek yang sangat penting dan
wajib ada dalam ruang lingkup Ilmu Pendidikan Islam yaitu :
1. Pendidikan dan perbuatan mendidik
Dalam pendidikan sudah menjadi hal yang wajib adanya
seorang pendidik maupun peserta didik. Jika tidak ada aspek keduanya maka belum
bisa dikatakan sebagai pendidikan. pendidikan adalah suatu hasil dari proses
atau interaksi belajar mengajar yang memilki tujuan dan arah yang jelas yaitu
menjadikan manusia yang berintelektual tinggi, humanis dan agamis yang baik. Oleh
karenanya didalam mengarahkan tersebut dibutuhkanlah seorang pendidik yang mampu
menggerakkan atau mengarahkan peserta didik kedalam tujuan yang telah
ditetapkan.
Pendidik adalah seorang guru, ustadz, ulama, ayah, dan
ibu dalam masyarakat dll, yang mereka mengfungsikan diri untuk mendidik. Keikut
sertaan mereka para pendidik dalam mendidik seorang peserta didik, anak, santri
dll disebut sebagai perbuatan mendidik.
Perbuatan mendidik seperti yang berkaitan langsung dengan
pendidikan memilki arti yaitu seluruh kegiatan, tindakan, atau perbuatan dan
sikap yang dilakukan pendidik dalam mengahadapi peserta didik.
2. Anak-anak didik dan materi pendidikan islam
Anak didik yaitu objek dari para pendidik dalam melakukan
didikan. Anak didik ini dapat dilihat sebagai anak didik dengan kategori usia
anak didik, kondisi ekonomi keluarga, minat, bakat, serta intelegensinya.
Pada dasarnya setiap manusia sangat membutuhkan
pendidikan. karena melallu pendidikan seseorang akan sangat ringan menghadapi
setiap kehidupan dari masa anak hingga tua mereka. Melalui pendidikan seseorang
mampu berpikir lebih kritis dan pandangan hidup yang baik untuk diri mereka
sendiri maupun orang lain disekitarnya.