Monday 3 August 2020

PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PARA AHLI



Menurut para ahli pendidikan tentang Islam dengan pendidikan pada umumnya memiliki hakekat yang sama namun arah tujuan yang berbeda. Hakekat yang sama dengan maksud tujuan arah yang berbeda dapat dilihat dari ideologi dan landasan pendidikan yang digunakan.

Pada pendidikan Islam ideologi pendidikan dilandaskan dengan agama. Sedangkan ideologi pendidikan umum lebih kepada ideologi pendidikan yang bersifat wawasan ke−ilmuan dengan landasan hukum pendidikan pada wilayah yang mengikat.

Maka untuk lebih jelas dalam mengetahui Ilmu  Pendidikan Islam adalah dengan mengetahui beberapa pengertian dari para ahli mengenai apa itu Pendidikan Islam dengan bersifat keilmuan maupun umum :

1. zakiah Daradjat menjelaskan pengertian pendidikan Islam secara umum adalah pendidikan islam dengan menekankan kesatuan antara teoritis dan praktis yaitu bersatunya antara iman dan amal. Serta penekanan pada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan. Serta ajaran islam berisi ajaran tentang sikap dan tingkah laku pribadi masyarakat.

2. Mudzakkir mengenai Ilmu Pendidikan Islam adalah ilmu yang mengkaji tentang upaya manusia dalam memelihara, mengembangkan dan mengarahkan fitrah dan atau potensi manusia menuju terbentuknya manusia seutuhnya (insan kamil).

3.  Abd al−Rahman Al−Nahlawi bahwa pendidikan Islam secara umum yaitu pengaturan diri individu dan masyarakat yang disiapkan kepada menetapi Islam dan mempraktikkannya secara keseluruhan dalam kehidupan pribadi masyarakat.

4. Beni Ahmad S dan Hendra A membahas mengenai ilmu pendidikan Islam adalah akumulasi pengetahuan yang bersumber dari Al−Qur’an dan As−Sunnah, yang diajarkan, dibina dan dibimbing kepada manusia sebagai peserta didik dengan menerapkan metode dan pendekatan yang islami dan tujuan membentuk peserta didik yang berkepribadian muslim.


Dari keempat pendapat tokoh tersebut diatas dapat dipahami bahwa ilmu pendidikan islam dengan ilmu umum memiliki hakekat sama namun landasan dan arah tujuan pendidikan berbeda. Dimana yang menjadi perbedaan dalam berpendidikan tersebut yaitu Agama.

Agama islam mengajarkan bahwa berpendidikan wajib dilaksanakan sepanjang hayat  yaitu selama manusia hidup dan berinteraksi. Pendidikan bersifat luas dan memiliki tujuan untuk terus belajar menggali kebenaran. Karena yang diharapkan dari pendidikan Islam dalam ajaran agama adalah peserta didik yang mampu menjadi generasi bermnafaat bagi agama, Nusa dan bangsa. Serta mampu menjalankan dan menyeimbangkan keperluan dan kepentingan hidup dunia maupun Akhirat. Sehingga manusia bukan hanya semata memiliki ilmu pengetahuan dan membangun kepentingannnya. Namun juga berilmu pengetahuan untuk membangun kehidupan yang lebih baik untuk seluruh Alam.


Referensi :
Daradjat, Zakiyah. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Saebani, Beni Ahmad dan Akhdiyat, Hendra.2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.



Baca Juga 



No comments: