Wednesday 29 April 2020

PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN SECARA TEORITIS DAN PRAKTIS



Ilmu Pendidikan Islam - Merupakan nama  yang mengusung dua sumber pengertian yaitu pengertian secara teoritik dan pengertian secara praktik.

Seperti yang telah diketahui dalam artikel sebelumnya yaitu Pengertian Ilmu Pendidikan Islam. Dalam artikel tersebut telah menjelaskan pengertian ilmu pendidikan islam dalam konteks praktis. Maka dalam artikel ini akan menjabarkan mengenai Pembahasan ilmu pendidikan islam secara teoritis dan praktis.

Dalam Artikel tersebut bahwa pengertian ilmu pendidikan islam adalah suatu ilmu pendidikan yang di laksanakan berdasarkan teori-teori keislaman. Atau pengertian lainnya bahwa ilmu Pendidikan islam merupakan sebuah ilmu yang mengajarkan wawasan keislaman dalam berbagai aspek didalamnya. Dimana wawasan tersebut diberikan dalam suatu sistem pendidikan baik keluarga, lingkungan sosial-masyarakat ataupun organisasi yang mengajarkan dan memperdalam teori keagamaan islam.

Sistem Pendidikan tidak akan mungkin bisa dilaksanakan apabila tidak adanya teori-teori tentang kependidikan. Pun sebaliknya, Pendidikan tidak akan mungkin bisa tumbuh berkembang dalam kehidupan apabila tidak ada praktik dalam teori pelaksanaannya. Sehingga bisa dikatakan bahwa antara teori maupun praktik dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam adalah dua sisi mata uang yang saling melengkapi satu sama lain. Tidak akan sempurna dan lengkap jika salah satu sisi darinya hilang. Berikut pula sama dalam pendidikan islam, tidak akan ada pendidikan islam jika dalam teori keislamannya tidak ada.

Maka Untuk lebih memperjelas pengertian dari Ilmu pendidikan Islam secara teoritik dan praktik berikut ini penjelasannya:


A. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam secara Teoritik

Secara teoritik atau yang disebut sebagai sumber tertulis bahwa pendidikan islam adalah sumber nilai dan norma yang menanamkan nilai-nilai keIslaman. Atau dalam makna lain bahwa, Dalam suatu konsep atau teori pendidikan Islam, merupakan bagian integrasi dari teori keiman seseorang. Bahwa seorang yang beriman dikatakan apabila dia telah beriman secara menyeluruh yaitu dilihat dari 3 hal yang dia lakukan yaitu Iman - Islam - Ihsan atau lebih diperinci lagi dengan iman - ilmu - amal.

Dari teori tersebut jelas sekali bahwa pendidikan Islam adalah bagian dari integrasi nilai-nilai keIslaman yang ditanamakan dalam dunia pendidikan. Sehingga yang diajarkan didalamnya adalah berbagai ilmu-ilmu   keislaman yang disebut dengan ilmu pendidikan islam.

Adapun secara teoritik tersebut dapat di lihat dari sumber-sumber otentik kitab suci dan ajaran para nabi. Dimana sumber teori pendidikan islam itu sendiri adalah Al-Quran dan As - Sunnah/ Al-Hadis.



Baca juga : Empat Unsur Penting Bahasa Arab



Berdasarkan beberapa penjelasan mengenai pendidikan islam secara teoritis diatas. Maka berikut anjuran agama dalam memperdalam teori pendidikan islam yang disinggung dalam Al-Qur'an dan As-sunnah/Al-Hadits sebagai berikut:


1. Qs At-Taubah ayat 122

Dalam ayat ini disebutkan bahwa manusia harus memahami dan mempersalam wawasan atau teori ilmu agama sebagai upaya menjaga diri mereka dari berbagai perkara yang dapat menjerumuskan mereka dalam kebodohan sepanjang hayat, berikut arti dari ayat didalamnya :


۞وَمَا كَانَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ لِيَنفِرُواْ كَآفَّةٗۚ فَلَوۡلَا نَفَرَ مِن كُلِّ فِرۡقَةٖ مِّنۡهُمۡ طَآئِفَةٞ لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي ٱلدِّينِ وَلِيُنذِرُواْ قَوۡمَهُمۡ إِذَا رَجَعُوٓاْ إِلَيۡهِمۡ لَعَلَّهُمۡ يَحۡذَرُونَ ١٢٢


"Dan tidaklah sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (kemedan perang). Mengapa sebagian dan setiap golongan diantara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga diri"


2. Qs Ar-Rahman ayat 1 - 4

Dalam suarat dan ayat ini, disebutkan secara jelas bahwa pendidikan islam haruslah diajarkan sebagai bagian dari kewajiban dalam bergama yaitu agama islam adalah agama yang menuntut umatnya untuk selalu belajar dan mengajarkan lmu agama dan berhikmad dalam ilmu pengetahuan tersebut :


ٱلرَّحۡمَٰنُ ١  عَلَّمَ ٱلۡقُرۡءَانَ ٢  خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ ٣  عَلَّمَهُ ٱلۡبَيَانَ ٤ 


" Allah yang maha pengasih
Yang telah mengajarkan Al-qur'an
Dia menciptakan manusia, 
Mengajarkan pandai berbicara"


3. Hadist tentang wajib menuntut ilmu

Dalam salah satu Hadist tentang menuntut ilmu sangatlah diwajibkan bagi seluruh umat muslim dalam menjunjung tinggi agamanya yaitu:

" Menututu ilmu itu wajib bagi semua muslim laki-laki dan perempuan"


Maka dari beberapa pengertian pendidikan islam diatas. Juga mengenai ruang lingkup keilmuan pendidikan islam secara teoritik dapat ditarik kesimpulan bahwa :

pengertian dari Ilmu pendidikan islam itu sendiri secara teoritik adalah suatu ilmu yang mengajarkan dan memahamkan mengenai ilmu tentang keislaman. Nilai-nilai keislaman tersebut ditanamkan dimulai dari organisasi terkecil yaitu keluarga hingga terbesar yaitu lingkungan sosial masyarakat dan dunia pendidikan formal, informal dan non formal.

Maka melalui pembahasan ini kemudian yang melahirkan berbagai strategi maupun metode dalam mendidik guna mengajarkan wawasan keislaman. Shingga dalam dunia pendidikan sekarang dikenal dengan sebutan "Ilmu Pendidikan Islam".



B. Pengertian Ilmu pendidikan Islam Secara Praktis

Melalui penjelasan di alenia-alenia sebelumnya. Dapat dipahami bahwa pengertian ilmu pendidikan islam secara  teoritis adalah pembahasan ilmu pengetahuan dalam bentuk kependidikan yang mengajarkan berbagai wawasan ke Islam. Lalu  bagaimanakah pengertian Ilmu Pendidikan Islam secara praktis?

Ilmu pendidikan Islam secara praktis adalah ilmu pendidikan yang mengajarkan pada pelaksanaan atau praktik dari teori kependidikan yang ada. Sehingga ilmu pendidikan islam secara praktis adalah suatu ilmu  yang membahas dan ruang lingkup mengenai praktik-praktik secara langsung mengenai pendidikan Agama islam dan ruang lingkup pengajarannya.

Dalam pembahasan pengertian pendidikan secara praktis maka pengertian yang ada didalamnya adalah bersifat praktik atau pelaksanaan pendidikan secara konkret.

Pelaksanaan pendidikan  secara konkret yaitu pengertian atau pemahaman yang lebih mengarah pada sudut pandang pendidikan  pada lembaga pelaksana yaitu keluarga, masyarakat maupun lembaga organisasi dan lainnya.




Baca juga: Rang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam




Dalam pengertian yang demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pendidikan islam secara praktis adalah sebuah upaya pendidikan dalam mengamalkan teori kependidikan kedalam suatu amal usaha yang bersifat keislam. Maka ruang lingkup didalam pendidikan tersebut mengenai wawasan keislaman yang bersifat konkret. apa yang dimaksud konkret ?

Yaitu perbuatan nyata yang dilakukan dalam rangka mendidik dan mengajarkan ilmu keislaman untuk membentuk generasi Islam yang beramal secara Iman, Islam dan ihsan. Maka hal ini harus dilakukan secara berkelanjutan dan saling berkolaborasi satu dengan yang lainnya yaitu antara keluarga dengan masyarakat. anatar masyarakat dengan lembaga atau organisasi penunjang kependidikan ke islaman dan khususnya dalam hal ini adalah dunia pendidikan formal, informal dan non formal.

Dunia Pendidikan memiliki ruang gerak yang konsisten, terstruktural, dan prosedural. sehingga dalam membentuk generasi Islam yang baik diperlukan strategi yang demikian. guna mendapatkan pemahan ISlam secara berkelanjutan hingga komprehensif di segala lini yaitu wawasan keilmuan umum dan paling utama wawasan keislaman yang lebih mendalam.

Maka karenalah dunia pendidikan merupakan upaya yang diharapkan menjangkau itu semua. baik dalam lembaga formal, informal ataupun non formal yang sifatnya seperti yang telah disebutkan pragraf diatas. yang mana memiliki tujuan dan basic yang sama dalam  mendidik. Sehingga yang diharapka nnantinya, ilmu keislam dapat memiliki kajian yang kuat dan wadah yang strategi yang memadai. Sebagai upaya membentuk umat dan generasi islam yang dicita-citakan yaitu beriman, Berilmu, dan beramal sholeh.






KESIMPULAN


Maka dari kedua poin pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa, ilmu pendidikan islam secara teoritik membahas mengenai ilmu dan wawasan dalam sebuah materi atau referensi-referensi pengajaran.

Sedangkan ilmu pendidikan islam secara praktis adalah pelaksanaan yang membahas pola pengajaran, lingkungan belajar dan struktur belajar yang baik dalam penerapan dari teori ilmu pendidikam islam disegala lini.




Referensi : 

Moh. Roqib.2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat.Yogyakarta:LKIS.

No comments: