Tujuan pendidikan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan keinginan atau harapan yang harus dicapai dalam suatu sistem pendidikan. Melalui tujuan pendidikan, segala hal dapat terukur dan terstruktur dengan baik walaupun membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Namun melalui tujuan itulah segala proses yang akan dilalui kedepan menjadi benar-benar berharga. Hal ini karena didalam tujuan tersebut banyak hal tercatat dengan terang dan jelas yaitu sesuai dengan konteks pendidikan yang diharapkan kedepan. Sehingga pendidikan akan benar-benar terlaksana dengan baik melalui tujuan yang tela ditetapkan dan begitu pula dengan tujuan pendidikan Islam.
Tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan Islam memiliki tujuan yang
sama dan berbeda. Kesamaan Dalam tujuan
pendidikan umum adalah lebih memahamkan kepada pentingnys menambah wawasan ilmu
pengetahuan dan keterampilan dalam konteks umum. Sedangkan tujuan pendidikan
islam adalah pentingnya menjadi insan yang kamil yaitu Iman, ilmu dan amal yang
saling berkesinambungan satu sama lain. Maka
dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan umum dan pendidikan islam memiliki kesamaan
dan perbedaan dalam dunia pendidikan.
Tujuan pendidikan islam seperti pendidikan umum adalah suatu tujuan
yang memiliki tahapan dan tingkatan didalamnya, sebagaimana tahapan dan
tingkatan yang ada tercipta dari bantuk dan pola pendidikan tersebut. melalui
tahapan dan tingkapan ini, maka yang diharapkan adalah mampu menunjukkan atau
memperlihatkan secara detail dan efektif proses pendidikan tercapai dan
berjalan dengan baik.
Maka untuk memahami lebih baik berkaitan dengan Tujuan pendidikan
islam. Berikut ini adalah macam-macam tujuan pendidikan beserta penjelasannya :
1. TUJUAN UMUM
Seperti bahasa yang digunakan “umum” yang dimaksud sesuai dengan
kebanyakan tujuan pendidikan yaitu tujuan pendidikan umum menyangkut dengan
berbagai hal yang berkaitan dengan
segala proses belajar dan mengajar yang harus berjalan dengan baik ,efektif,
efesien dan produktif. Dimana tujuan pendidikan ini sangat penting untuk
dimiliki sebagai induk dari keseluruhan tujuan pendidikan yang ada dibawahnya atau
disebut sebagai pusat tujuan dalam pendidikan.
Hal ini seperti yang diutarakan oleh Zakiyah Daradjat tentang
tujuan Umum pendidikan dalam bukunya Ilmu Pendidikan Islam yaitu tujuan yang akan dicapai dengan semua
kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara lain. Tujuan ini
meliputi seluruh aspek kemanusiaan yang meliputi sikap, tingkah laku,
penampilan, kebiaan dan pandangan. Tujuan umum ini berbeda pada setiap
tingkatan umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi, dengan kerangka yang sama.
Baca Juga : Manfaat atau Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam
Maka melalui penjelasan yang ada diatas dapat dipahami bahwa tujuan
umum adalah tujun yang menjadi porosnya pendidikan. melalui tujuan umum maka
segala proses dan aktivitas yang ada didalamnya berjalan sesuai yang telah
ditentukan dan disepakati dalam tujuan pendidikan. Tujuan ini pun menyesuaikan
dengan bentuk dan pola pendidikan sesuai dengan tingkatannya seperti MI, MTs,
MA, Universitas, dan pondok pesantren.
Adapun membahas pengertian tujuan umum pendidikan terutama dalam
pendidikan Islam maka landasan dan segala pengajarannya harus berkaiatan dengan
tujuan pendidikan agama, tujuan pendidikan Nasional dan tujuan pendidikan
Institusional lembaga penyelenggara tersebut.
hal ini dilakukan karena diharapkan dalam tujuan umum akan menjadi
jembatan dalam membentuk generasi atau peserta didik yang terbaik dari berbagai
macam pendidikan yaitu menjadi insan yang kamil.
Adapun tahapan dalam tujuan pendidikan umum seperti yang dijelaskan
sebelumnya mengenai adanya tahapan pendidikan adalah merumuskan dan membentuk
tujuan kurikuler yang dikembangkan menjadi tujuan instruksional.
2. TUJUAN AKHIR
Seperti yang diutarakan dalam Qur’an Surat Al-Imran ayat 102 yang
berbunyi
يَٰٓأَيُّهَا
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا
وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ ١٠٢
Artinya :
“Wahai orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dengan
sebenar-benarnya takwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim”
Melalui ayat diatas adalah acuan dalam menentukan tujuan akhir dari
pendidikan Islam itu sendiri. Seperti tujuan umum pendidikan bahwa diharapkan
adalah terbentuk Insan yang kamil baik dalam proses pendidikan bahkan hingga
akhir proses pendidikan yang telah dijalankan.
Sesungguhnya pendidikan Islam sendiri dilaksanakan agar terbentuk
insan yang memiliki kepribadian Islam yang jauh lebih baik, tertanam didalam
sanubari dan dilaksanakan dalam setiap proses kehidupan. Hingga yang diharapkan
dari hasil tersebut adalah menjadi satu hal yang tertanam kuat didalam sanubari
yang pada akhirnya akan dibawa kembali kepada Sang Khalik yaitu amal shaleh dan
Takwa.
Maka dapat dipahami dengan baik bahwa tujuan akhir dalam proses pendidikan Islam
nanti adalah menyangkut dengan ujung akhir dari proses kehidupan insan tersebut
yaitu Insan kamil yang mati dengan
membawa bekal ketakwaan dan amalan yang baik.
3. TUJUAN SEMENTARA
Seperti yang telah dipahami sebelumnya bahwa pendidikan Islam
seperti pendidikan pada umumnya memiliki tingkatan dan tahapan yang
berbeda-beda dan tentu perbedaan dari setiap tingkatan tersebut membawa arah
dan tujuan yang berbeda pula. Arah dan tujuan dari masing-masing tahapan
pendidikan itulah yang disebut dengan tujuan sementara, mengapa?.
Tujuan sementara yang dimaksud yaitu tujuan yang masing-masing
tingkatan memiliki perbedaan satu dengan lainnya dan hal ini dilatarbelakangi
karenan menyesuaikan dengan tingkat umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi dari
masing-masing unsur pendidikan yang ada dengan tetap memperhatikan kerangka
acuan pendidikan yang sama.
Baca Juga : Tujuan Pendidikan Barat
Adapun jika digambar dalam sebuah diagaram batang maka akan
berbentuk demikian :
Melalui diagaram yang ada
diatas dapat dipahami bahwa masing-masing tingkatan pendidikan memiliki standar
tujuan tingkatan masing-masing. Dimana semakin tinggi umur, kecerdasan,
situasi, dan kondisi dari masing-masing unsur pendidikan, maka akan semakin
tinggi dan bertambah pula pemahaman
serta faktor yang melingkupi proses pendidikan didalamnya. penjelasan ringkasnya,
tujuan sementara dimaksud agar antara satu tingkatan tujuan umum ke tingkatan
tujuan umum yang lain harus saling berkesinambungan dan sifatnya bukan tetap
atau permanen namun sementara yaitu bobot dan mutu masing-masing tingkatan
berbeda meskipun polanya sama membentuk insan Kamil.
4. TUJUAN OPERASIONAL
Tujuan operasional disebut juga adalah tujuan praktis. Tujuan
operasional dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang berisi tentang
aktivitas yang mendukung proses pendidikan berjalan seperti kegiatan apa saja
dalam pendidikan tersebut dan juga bahan – bahan yang dibutuhkan didalamnya.
Tujuan operasional dalam pendidikan formal dikembangkan mejadi
tujuan intruksional. Tujuan intruksional ini lalu terdiri dari 2 tujuan yaitu Tujuan
Intruksional Umum (TIU) dan Tujuan Intruksional
Khusus (TIK). Adapun tujuan dari kedua intruksional ini adalah merencanakan
pengajaran dalam bentuk unit-unit kegiatan pengajaran.
Tujuan operasion ini lebih banyak menonjolkan kemampuan operasional
disebut keterampilan. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan dapat
melakukan berbagai hal yang dimaksud dalam pembelajaran untuk mengasah
kemampuan lahiriah seorang anak didik misalkan berbicara dengan baik dan benar,
akhlak dan tingkah laku yang baik dan masih banyak lainnya.
Dimana yang diharapkan dalam tujuan operasional ini adalah
sesederhana sekalipun dalam menangkap seatu pembelajaran setidaknya peserta
didik mampu terampil melaksanakan atau mempraktekkan pembelajaran tersebut,
meskipun mereka belum memahami dan menghayati dengan baik.
Referensi :
Daradjat, Zakiyah. 2016.
Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Baca Juga :
1. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam