Friday, 18 September 2020

MACAM-MACAM TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM


Tujuan pendidikan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan keinginan atau harapan yang harus dicapai dalam suatu sistem pendidikan. Melalui tujuan pendidikan, segala hal dapat terukur dan terstruktur dengan baik walaupun membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Namun melalui tujuan itulah segala proses yang akan dilalui kedepan menjadi benar-benar berharga. Hal ini karena didalam tujuan tersebut banyak hal tercatat dengan  terang dan jelas yaitu sesuai dengan konteks pendidikan yang diharapkan kedepan. Sehingga pendidikan akan benar-benar terlaksana dengan baik melalui tujuan yang tela ditetapkan dan begitu pula dengan tujuan pendidikan Islam.

Tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan Islam memiliki tujuan yang sama dan berbeda.  Kesamaan Dalam tujuan pendidikan umum adalah lebih memahamkan kepada pentingnys menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam konteks umum. Sedangkan tujuan pendidikan islam adalah pentingnya menjadi insan yang kamil yaitu Iman, ilmu dan amal yang saling berkesinambungan satu sama lain.  Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan umum dan pendidikan islam memiliki kesamaan dan perbedaan dalam dunia pendidikan.

Tujuan pendidikan islam seperti pendidikan umum adalah suatu tujuan yang memiliki tahapan dan tingkatan didalamnya, sebagaimana tahapan dan tingkatan yang ada tercipta dari bantuk dan pola pendidikan tersebut. melalui tahapan dan tingkapan ini, maka yang diharapkan adalah mampu menunjukkan atau memperlihatkan secara detail dan efektif proses pendidikan tercapai dan berjalan dengan baik.

Maka untuk memahami lebih baik berkaitan dengan Tujuan pendidikan islam. Berikut ini adalah macam-macam tujuan pendidikan beserta penjelasannya :

 

1. TUJUAN UMUM

Seperti bahasa yang digunakan “umum” yang dimaksud sesuai dengan kebanyakan tujuan pendidikan yaitu tujuan pendidikan umum menyangkut dengan berbagai hal yang  berkaitan dengan segala proses belajar dan mengajar yang harus berjalan dengan baik ,efektif, efesien dan produktif. Dimana tujuan pendidikan ini sangat penting untuk dimiliki sebagai induk dari keseluruhan tujuan pendidikan yang ada dibawahnya atau disebut sebagai pusat tujuan dalam pendidikan.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Zakiyah Daradjat tentang tujuan Umum pendidikan dalam bukunya  Ilmu Pendidikan Islam  yaitu tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara lain. Tujuan ini meliputi seluruh aspek kemanusiaan yang meliputi sikap, tingkah laku, penampilan, kebiaan dan pandangan. Tujuan umum ini berbeda pada setiap tingkatan umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi, dengan kerangka yang sama.



Baca Juga : Manfaat atau Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam


Maka melalui penjelasan yang ada diatas dapat dipahami bahwa tujuan umum adalah tujun yang menjadi porosnya pendidikan. melalui tujuan umum maka segala proses dan aktivitas yang ada didalamnya berjalan sesuai yang telah ditentukan dan disepakati dalam tujuan pendidikan. Tujuan ini pun menyesuaikan dengan bentuk dan pola pendidikan sesuai dengan tingkatannya seperti MI, MTs, MA, Universitas, dan pondok pesantren.

Adapun membahas pengertian tujuan umum pendidikan terutama dalam pendidikan Islam maka landasan dan segala pengajarannya harus berkaiatan dengan tujuan pendidikan agama, tujuan pendidikan Nasional dan tujuan pendidikan Institusional lembaga penyelenggara tersebut.  hal ini dilakukan karena diharapkan dalam tujuan umum akan menjadi jembatan dalam membentuk generasi atau peserta didik yang terbaik dari berbagai macam pendidikan yaitu menjadi insan yang kamil.

Adapun tahapan dalam tujuan pendidikan umum seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai adanya tahapan pendidikan adalah merumuskan dan membentuk tujuan kurikuler yang dikembangkan menjadi tujuan instruksional.

 

2. TUJUAN AKHIR

Seperti yang diutarakan dalam Qur’an Surat Al-Imran ayat 102 yang berbunyi

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ ١٠٢

 

Artinya :

“Wahai orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim”

 

Melalui ayat diatas adalah acuan dalam menentukan tujuan akhir dari pendidikan Islam itu sendiri. Seperti tujuan umum pendidikan bahwa diharapkan adalah terbentuk Insan yang kamil baik dalam proses pendidikan bahkan hingga akhir proses pendidikan yang telah dijalankan.

Sesungguhnya pendidikan Islam sendiri dilaksanakan agar terbentuk insan yang memiliki kepribadian Islam yang jauh lebih baik, tertanam didalam sanubari dan dilaksanakan dalam setiap proses kehidupan. Hingga yang diharapkan dari hasil tersebut adalah menjadi satu hal yang tertanam kuat didalam sanubari yang pada akhirnya akan dibawa kembali kepada Sang Khalik yaitu amal shaleh dan Takwa.

Maka dapat dipahami dengan baik bahwa  tujuan akhir dalam proses pendidikan Islam nanti adalah menyangkut dengan ujung akhir dari proses kehidupan insan tersebut  yaitu Insan kamil yang mati dengan membawa bekal ketakwaan dan amalan yang baik.

 

3. TUJUAN SEMENTARA

Seperti yang telah dipahami sebelumnya bahwa pendidikan Islam seperti pendidikan pada umumnya memiliki tingkatan dan tahapan yang berbeda-beda dan tentu perbedaan dari setiap tingkatan tersebut membawa arah dan tujuan yang berbeda pula. Arah dan tujuan dari masing-masing tahapan pendidikan itulah yang disebut dengan tujuan sementara, mengapa?.

Tujuan sementara yang dimaksud yaitu tujuan yang masing-masing tingkatan memiliki perbedaan satu dengan lainnya dan hal ini dilatarbelakangi karenan menyesuaikan dengan tingkat umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi dari masing-masing unsur pendidikan yang ada dengan tetap memperhatikan kerangka acuan  pendidikan yang sama.



Baca Juga : Tujuan Pendidikan Barat



Adapun jika digambar dalam sebuah diagaram batang maka akan berbentuk demikian :




 Melalui diagaram yang ada diatas dapat dipahami bahwa masing-masing tingkatan pendidikan memiliki standar tujuan tingkatan masing-masing. Dimana semakin tinggi umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi dari masing-masing unsur pendidikan, maka akan semakin tinggi  dan bertambah pula pemahaman serta faktor yang melingkupi proses pendidikan didalamnya. penjelasan ringkasnya, tujuan sementara dimaksud agar antara satu tingkatan tujuan umum ke tingkatan tujuan umum yang lain harus saling berkesinambungan dan sifatnya bukan tetap atau permanen namun sementara yaitu bobot dan mutu masing-masing tingkatan berbeda meskipun polanya sama membentuk insan Kamil.

 

4. TUJUAN OPERASIONAL

Tujuan operasional disebut juga adalah tujuan praktis. Tujuan operasional dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang berisi tentang aktivitas yang mendukung proses pendidikan berjalan seperti kegiatan apa saja dalam pendidikan tersebut dan juga bahan – bahan yang dibutuhkan didalamnya.

Tujuan operasional dalam pendidikan formal dikembangkan mejadi tujuan intruksional. Tujuan intruksional ini lalu terdiri dari 2 tujuan yaitu Tujuan Intruksional Umum (TIU) dan  Tujuan Intruksional Khusus (TIK). Adapun tujuan dari kedua intruksional ini adalah merencanakan pengajaran dalam bentuk unit-unit kegiatan pengajaran.

Tujuan operasion ini lebih banyak menonjolkan kemampuan operasional disebut keterampilan. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan dapat melakukan berbagai hal yang dimaksud dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan lahiriah seorang anak didik misalkan berbicara dengan baik dan benar, akhlak dan tingkah laku yang baik dan masih banyak lainnya.

Dimana yang diharapkan dalam tujuan operasional ini adalah sesederhana sekalipun dalam menangkap seatu pembelajaran setidaknya peserta didik mampu terampil melaksanakan atau mempraktekkan pembelajaran tersebut, meskipun mereka belum memahami dan menghayati dengan baik.

 

Referensi :

Daradjat,  Zakiyah. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Baca Juga :

1. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam

2. Hakekat Manusia dalam Islam

3. Landasan Pendidikan Islam

No comments: