PENJELASAN BERDASARKAN
BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Drs.Beni
Ahmad Saebani, M.Si. dan Hendra Akhdiyat, M.Pd.
A.
PENGERTIAN
Kegunaan
merupakan kata lain dari manfaat. Setiap dasar ataupun tujuan yang dilakukan dalam upaya membangun dan menumbuhkan maka harus didasarkan pada seberapa besar manfaat atau
kegunaannya kehidupan, dan hal ini pun berlaku dibidang pendidikan.
Ilmu Pendidikan Islam yang diberlakukan dalam lembaga pendidikan
formal maupun non formal. Haruslah memiliki kegunaan atau manfaat kedepan yaitu dibidang pendidikan. Apabila pendidikan yang diajarkan dalam agama islam tidak mampu memberikan sumbangsih yg positif atau kata lainnya manfaat dalam
bidang pendidikan maka tentu saja tidak diperlukan ajaran pendidikan Islam untuk dipraktekkan dalam tatanan
Kependidikan.
Namun jika sebaliknya maka tentu akan sangat penting diterapkan karena pada dasarnya pendidikan islam adalah untuk memadukan tujuan pendidikan umum dengan tujuan pendididikan agama. Mengapa dilakukan demikian?
Ternyata dalam tatatanan kehidupan pendidikan yg hanya didasari oleh wawasan ilmu duniawi saja tidak mampu menjangkau dan memupuk naluri kerohanian generasi manusia dimasa datang. Apalagi Banyak hal yg perlu dibenahi dalam hirarki orientasi hidup yang saat ini begitu penting untuk dipahami dalam melangkah kedepan. Dimana pendidikan bukan hanya pembekalan wawasan keilmuan saja namun juga wawasan untuk melangkah dalam kehidupan. Maka dari kesadaran itulah yg kemudian membawa pemahaman bahwa pendIdikam haruslah berimbang antara keilmuan dibidang jasmani dan juga rohani, maka semua tidak akan bisa didapatkan kecuali dengan pendidikan islam itu sendiri.
Oleh karenanya betapa sangat penting dan perlunya memahami dan menguasai ilmu dibidang pendidikan Islam. Karena hakekatnya ilmu ini memberikan gambaran bahwa pendidikan yg baik membentuk generasi yg baik. Sedangkan generasi yg baik didapatkan dari jasmani dan ruh yg sehat. Maka yg dimaksud dari jasmani tersebut adalah akal dan fikiran, sedangkan ruh yaitu ketenangan hati dan kuatnya jiwa. Keduanya tidak bisa didapatkan kecuali melalui belajar dalam naungan pendidikan Islam.
Maka tolak ukur kegunaan Ilmu Pendidikan Islam dalam bidang
pendidikan haruslah diketahui. Hal ini agar dikemudian hari tujuan maupun
strategi Ilmu Pendidikan Islam berkembang seiring tumbuh dan berkembangnya generasi yang sesuai dengan tolak ukur dari manfaat tersebut.
B.
KEGUNAAN
ATAU MANFAAT PENDIDIKAN ISLAM
Tolak ukur kegunaan
atau manfaat sangatlah penting demi tercapainya cita-cita atau tujuan kependidikan.
Adapun tujuan awal dari adanya Ilmu Pendidikan Islam adalah menciptakan manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sedang manfaat atau kegunaan ilmu pendidikan
Islam adalah sebagai berikut :
1. Menambah pengetahuan yang lebih luas mengenai Allah dan ciptaan-Nya atau biasa disebut
denan Ilmu agama dan Ilmu Umum.
2. Menambah dan menguatkan keimanan kepada para peserta didik dan menanamkan nilai ajaran
Islam yang menjadi sumber ilmu pengetahuan
3. Ilmu yang memberikan pengetahuan dengan diimbangi nilai ibadah karena mempelajari
maupun mengembangkan ajaran Allah SWT.
4. Memperluas dan memperdalam penafsiran ayat-ayat Al-quran.
5. Menyadarkan bahwa Al-Quran merupakan induknya dari segala ilmu penetahuan.
6. Memperlihatk kepada manusia bahwa Al-Quran adalah kitab yang diturunkan oleh Yang Kuasa
dengan Ilmu pengetahuan yang ada didalamnya tidak terhalang oleh waktu.
7. Mengajarkan peserta didik secara langsung praktek ke islaman dalam kehidupan.
8. Meninggikan intelektual dan emosional yang baik.
9. Membentuk kepedulian sosial dan memiliki sifat Amar ma’ruf nahi munkar.
10. Mengembang lembaga Pendidikan Islam
agar dapat bersaing dengan Pendidikan Umum lainnya.
11. Mengkaji Al-qur’an dan As-Sunnah untuk
menemukan teori baru yang ada didalamnya.
12. Mengembangkan teori yang sudah ada dan
mengujinya sesuai dengan Ilmu pendidikan Islam.
13. Menciptakan pendidikan islam yang
memiliki kualitas yang baik.
14. Memban lembaga Pendidikan Islam yang
di senangi oleh masyarakat umum.
15. Mencetak kader Ulama yang profesional
diidangnya.
16. Sebagai pembuktian teori-teori dalam
Al-Qur’an dan As-sunnah mampu dibuktikan kebenarannya dalam fakta kehidupan.
Beberapa poin diatas merupakan bentuk
peringatan bagi para pendidik maupun pengurus lembaga untuk dapat memperbaiki
diri dan meningkatkan kualitas Pendidikan Islam dari sumber daya manusia,
sarana maupun prasarana dalam mencapai tujuan ataupun cita-cita pendidikan.
Baca juga: FUNGSI ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Baca juga: FUNGSI ILMU PENDIDIKAN ISLAM
C.
PELAKSANAAN
PENDIDIKAN ISLAM
Dari
beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas. Maka diperlukan pelaksanaan yang
baik dalam mencapai manfaat yang telah disebutkan secara menyeluruh sehingga
mencapai tujuan yang diinginkan dan menghindari kemudharatan yang berakibat
tidak baik bagi tercapainya tujuan pendidikan islam yaitu :
1. Melihat
suatu permasalahan yang berkenaan dengan pendidikan islam adalah proritas dari
permasalahan yang harus diutamakan.
2. Menyesuaikan
segala bentuk aplikasi dengan tujuan pendidikan islam sebagai cermin dari
agama.
3. Proses
pendidikan adalah manfaat yang konkret dalam pendidikan yang memberikan
pendidikan praktis sesuai dengan realita kehidupan.
No comments:
Post a Comment