Asas atau dasar dalam pendidikan islam keduanya memiliki pengertian yang sama satu dengan lainnya. sedangkan antara pengertian prinsip dengan kedua istilah tersebut memiliki keterkaitan erat dalam membangun pendidikan islam. Pembahasan mengenai Asas/dasar dengan prinsip pendidikan Islam tidak akan pernah bisa di pisahkan. Hal ini karena melalui asas atau dasar lah yang kemudian melahirkan prinsip. Sedangkan prinsip tidak akan pernah bisa ditegakkan tanpa adanya asas atau dasar yang mengusungnya terkhusus dalam pendidikan Islam.
Maka untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian asas, dasar dan prinsip dalam ilmu pendidikan Islam. Berikut ini adalahpengertian yang diambil dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dijelaskan didalam buku “Dasar Asas dan Prinsip Pendidikan Islam” karangan Kamrani Buseri:
1. Dasar adalah bagian terbawah atau fondasi, alas, pokok dalam berpendapat dan berbagai hal.
2. Asas adalah tumpuan berfikir dan dasar pendapat. Berasas berarti berdasarkan asas, menggunakan asas (dasar untuk berfikir).
3. Prinsip berkaitan dengan asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berfikir, bertindak dan lain sebagainya). Berprinsip adalah menganut prinsip.
Maka dari pengertian yang ada diatas dapat diketahui bahwa ke tiga istilah tersebut yaitu Dasar, Asas dan prinsip memiliki pengertian, fungsi dan tujuan yang sama yaitu hal penting yang sifatnya vital untuk dimiliki oleh pendidikan Islam. Melalui pengertian yang ada diatas pula dapat menjadi pemahaman baik bahwa dalam membahas berbagai ruang lingkup pendidikan islam nanti tidak akan pernah lepas dengan asa/dasar pendidikan itu sendiri. Hal ini karena asas atau dasar akan menjadi pedoman dalam membangun pendidikan Islam diberbagai segi dan kondisi yaitu dalam dinamika pendidikan kedepan.
Adapun
Berdasarkan pengertian pendidikan Islam yang sudah dibahas pada artikel
sebelumnya yaitu “Pengertian Ilmu Pendidikan Islam” juga "Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli " disana telah disampaikan bahwa pendidikan Islam itu suatu
teori keilmuan dan juga praktek /pelaksanaan pendidikan yang bertujuan untuk
menyatukan ilmu, iman, amal dan akhlak. Dimana keempat tujuan tersebut menjadi
target dan “Karakteristik Pendidikan Islam” dalam membangun nilai Ilahiah−imaniah,
ubudiah, dan muamalah.
Seperti sebuah bangunan rumah, tentunya Pendidikan Islam harus memiliki fondasi, alas, atau lantai yang disebut dengan asas atau dasar pendidikan, serta tiang dan dinding sebagai prinsipnya. Hal ini karena, pendidikan Islam adalah ilmu yang bersifat teoritis dan praktis yang tentunya tumbuh dan berkembang sebagai pelindung, pengaman dan tempat berteduh dalam menjalankan peran sebagai Abdullah dan Khalifullah, sebagaimana peran sebuah bangunan rumah tersebut. tanpa adanya fondasi dan tiang yang telah disebutkan, tentu saja rumah tidak akan kokoh dan kuat dalam menyangga apapun yang ada diatasnya. Begitu pula pendidikan Islam tanpa asas/ dasar dan prinsip tidak akan mungkin bisa berkembang dan berdedikasi dengan baik dalam membangun generasi Robbani diatas bumi. Hal ini karena amanah yang diemban akan sangat membutuhkan asa/dasar dan prinsip tersebut, sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan yang dicita−citakan.
Maka untuk mendapatkan bangunan pendidikan yang kokoh seperti disebutkan diatas. Berikut ini adalah asas atau dasar dan juga prinsip yang harus dimiliki untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang diambil pada buku asas, dasar dan Prinsip Ilmu Pendidikan Islam :
1. asas agama yaitu berdasarkan norma yang telah ditanamkan dalam agama prinsip pendidikannya meliputi
a. Nilai akidah, ibadah dan syariah
b.Nilai manusia sebagai abdullah dan Khalifatullah
c. Nilai manusia sebagai pendidikan dan anak didik
2. asas filsafat yaitu berfikir secara logis atau keilmuan prinsip pendidikannya membahas tentang :
a. hakekat manusia dan kemanusiaan
b. hakekat alam
c. hakekat kehidupan
d. hakekat kebenaran dan pengetahuan
e. hakekat nilai kebaikan dan keindahan
d. hakekat membahas berbagai aspek dan ruang lingkup pendidikan
3. asas sosial dan kemasyarakatan yang prinsip pendidikan didalamnya membahas tentang hidup dalam masyarakat yaitu :
a. manusia adalah makhluk Individu dan sosial
b. manusia makhluk yang bermanfaat
c. keluarga muslim dan masyarakat muslim
d. hubungan antara individu, keluarga, lembaga pendidikan, masjid dan masyarakat.
4. asas biologis dan psikologis yang prinsip pendidikannnya membahas :
a. fisik, jiwa dan ruh
b.fitrah manusia
c. periodesasi kehidupan manusia dari sejak kanak−kanak, balig dan dewasa
d. berbagai pertanyaan mengenai ESI (emosional, spiritual dan Intelektual)
Maka keempat asas atau dasar yang telah disebutkan diatas menjadi panduan dalam menumbuh kembangkan pendidikan dengan disertai prinsip−prinsip yang akan menyokong perkembangan pendidikan tersebut. hal ini karena prinsip−prinsip tersebut menjadi bagian dari langkah praktis dalam pelaksanaan yang akan membawa pada tujuan pendidikan Islam yang berkemajuan.
No comments:
Post a Comment
Jika ada pertanyaan dan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan artikel. Langsung saja kalian tulis di contak comment yang kami sediakan atau click post a comment dan jangan lupa untuk Berkomentar yang baik ð