A.
Media pendidikan islam
Tujuan
pendidikan islam seiring dengan tujuan Allah menciptakan manusia, yakni untuk
mengabdi kepada-Nya. Agar tujuan bisa tercapai, maka perlu diperhatikan segala
sesuatu yang mendukung keberhasilan progam pendidikan itu. Dalam kaitannya
dengan usaha menciptakan suasana yang kondusif itu, alat/media pendidikan atau
pengajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Sebab alat atau media
merupakan sarana yang membantu proses pembelajaran terutama yang berkaitan
dengan indra pendengaran dan penglihatan.
Dengan adanya
alat/media maka teradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat di
perkaya dengan berbagai alat atau media pengajaran.
1.
Pengertian alat/media pendidikan
Dari beberapa literatur tidak terdapat perbedaan pengertian alat
dan media pendidikan. Zakia daradjat menyebutkan pengertian alat pendidikan
sama dengan media pendidikan, saran pendidikan. sedangkan dalam kepustakaan
asing, sementara ahli menggunakan istilah audio visual aids(ava). Teaching
material instruksional material. Nampaknya dibeberapa literature antara
alat dan media pendidikan tidak dibedakan secara jelas, bahkan cenderung
menyamakan kedua term itu. Disatu sisi alat kadang-kadang digolongkan sebagai
media, dan disisi lain media dimasukkan kedalam golongan alat.
2.
Jenis alat/media pendidikan
Dalam pendidikan perpektif ilmu pendidikan islam,yan mengutaamakan
ilmu pengetahuan (knowledge)dan penanaman nilai sudah barang tentu memerlukan
a;at pendidikan yang relefan.para ahli telah mengklasifikasikan alat/media pada
dua bagian: yaitu alat pendidikan yang bersifat benda dan alat pendidikan yang
bukan benda.
a.
Alat pendidian yang bersifat benda
Menurut zakia daradjat, alat pendidikan
yang berupa benda adalah, pertama: media tulis, seperti al-quran, hadits,
tauhid, fiqih, sejarah. Kedua: benda-benda alam seperti hewan, manusia,
tumbuhan, dan lain sebagainya. Tiga: gambar-gamabar yang dirancang seperti
grafik. Keempat: gambar yang di proyeksikan, seperti vidio, transparan,
infokus. Ke lima: audio recording, seperti kaset, tip radio.
b.
Alat pendidikan yang bukan benda
Diantara alat atau media pengajaran yang bukan berupa benda itu
adalah: (1) keteladanan, (2)perintah/larangan, (3)ganjaran dan hukuman, yang akan
dijelaskan berikut ini:
1)
Keteladanan
Pada umumnya manusia memerlukan figure iden tifikasi yang dapat
membimbing manusia kearah kebenaran, untuk memenuhi keinginan tersebut itu
Allah mengutus Rasululloh menjadi tauladan bagi manusia. Menurut la-ghazali, sifat
penting yang harus dimiliki oleh guru sebagai orang yang diteladani yaitu (1)
amanah dan tekun bekerja, (2) betrsufat lemah lembut dan kasih sayang terhadap
anak murid, (3) dapat memahami atau berlapang dada dalam ilmu serta orang yang
mengajarkannya, (4) tidak raakus pada materi, (5) luas, (6) istiqamah dan memegang teguh
perinsip.
2)
Perintah dan larangan
Seabagai seorang muslim diberi oleh Allah tugas dan tanggung jawab
yaitu melaksanakan “amar ma’ruf nahi munkar” yang merupakan alat pendidikan.
Dalam memberikan perintah terdpat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu,
(1) janga n memberikan
perintah kecualai karena diperlukan (2) hemdmya perintah itu dengan ketepatan
hati dan niat yang baik, (3) jangan memerintahkan kedua kalinya jika perintah
pertama belum di laksanakan, (4) perintah hendaknya benar-benar dipertimbangkan
akan akibatnya.
Larangan, sebenarnya sama saja dengan perintah. Kalau perintah
merupakan suatu keharusan untuk berbuat suatu yang bermanfaat, maka larangan
merupakan keharusan untuk tidak melakukan sesuatu yang merugikan.
3)
Ganjaran dan hukuman
Ganjaran itu adalah sesuatau yang menyenangkan yang dijadikan
sebagai hadiah bagi anak yang berprestasi baik dalam belajar, dalam sikap atau
prilaku. Ganjaran itu dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara yang
bermaca-macam, antara lain, (1) guru mengangguk-anggukan kepala tanda senang
dan membiyarkan suatu jawaban yang diberikan oleh anak, (2) guru memberikan
pujian, (3)guru memberikan benda-benda yang berguna dan membuat anak senang.
4)
Pengaruh alat/media dalam pendidikan islam
Di dalam pendidikan islam, alat/media itu jelas diperlukan. Sebab
alat/media pengajaran itu mempunyai peranan yang besar yang berpengaruh
terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Abu bakar Muhammad, juga
berpendapat bahwa kegunaan alat/media itu antara lain adalah: (1)mampu
mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelas materi pelajatan yang sulit, (2)
mampu mempermudah pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup dan menarik,
(3) merangsang anak untuk bekerja dan menggerakkan naluri kecintaan dalam
menelaah pelajaran, (4) meambantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat, dan memperhatikan pelajaran.
Dengan
demikian, apabila pendidikan islam memanfaatkan dan mengembangkan alat/media pengajaran
tersebut didalam pelaksanaan pendidikannya, maka peserta didik akan memiliki
pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkannya dan juga memiliki moral
atau ahlak yang tinggi. Sehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan
alat/media pengajaran itu tuehingga besar kemungkinan dengan memperhatikan
alat/media pengajaran itu tujuan pendidikan islam akan tercapai secara efektif
dan efesien.
No comments:
Post a Comment