Wednesday, 18 December 2019

KONSEP PENDIDIKAN DALAM ILMU PENDIDIKAN ISLAM


BAB I
PENDAHULUAN

A. Pembahasan
Konsep adalah suatu gagasaan atau ide yang dirancang dengan terstruktur secara baik sehingga tujuan yang diharapkan akan tercapai. Konsep dalam suatu tindakan adalah penting untuk dipahami dan dimengerti. Karena melalui konsep tersebut arah pikiran, tujuan, sasaran dan proses-proses pelaksanaan dan berbagai macam kebutuhan untuk mencapai tujuan tersebut dapat dengan baik dilaksanakan. Maka begitupula konsep dalam pendidikan islam yang disajikan dalam wawasan Ilmu Pendidikan Islam tentu sangat berpengaruh dalam menjalani proses demi proses perjalan pendidikan pula dalam keberhasilan pendidikan.

B. Rumusan masalah
1. Apa pengertian dari konsep ?
2. Bagaimana konsep pendidikan islam dalam Al-quran?
3. Apa urgensi dari konsep pendidikan islam ?
4. Bagaimana pelaksanaan konsep pendidikan islam dalam Al-Quran pada pendidikan informal, formal dan non formal?

C. Tujuan pembahasan
Mengetahui konsep apa saja yang diajarkan oleh Allah Subhanahuatalla dalam kitabul Kariim yaitu Al-Quran Al-karim sebagai upaya untuk diterapkan atau sebagai teladan didalam pendidikan islam serta sistem pendidikannya.




BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian dari konsep ilmu pendidikan islam

Kata konsep dapat diartikan secara harfiah (bahasa) dan ilmiyah (istilah). Maka pengertian konsep secara harfiah dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Dari pengertian secara bahasa tersebut lalu kemudian diartikan secara ilmiyah oleh salah satu tokoh islam yaitu Ahmad D. marimba bahwa konsep pendidika  islam adalah Pendidikan yang merupakan suatu bimbingan atau pimpinan yang secara sadar oleh si pendidik terhadap suatu perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju akan terbentuknya kepribadian yang utama. 

dari pengertian konsep yang telah dijabarkan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep pendidikan islam adalah suatu upaya yang sengaja dirancang secara terencana atau tersistem dengan tujuan penanaman nilai-nilai dasar agama kedalam pola fikiran dan prilaku seseorang atau dalam konteks pendidikan para pendidika dan peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya dikehidupankehidupan ialah bernilai ajar agama islam.


B. Konsep pendidikan islam dalam Al-quran

Membahas suatu konsep dalam pendidikan islam tentu akan selalu berkaitan dengan ajaran dalam kitab yang sempurna yaitu Al-Quran Al-Karim dan pedoman tuntunan yang sempurna yaitu Al - Hadits yaitu tentang konsep dasar pendidikan. 

Melalui dua pilar tersebut tentu nya yang diharapkan adalah ilmu keislaman sapat dengan baik tumbuh dan berkembang dalam sanubari setiap manusia. Sehingga tugas kekhalifahan dimuka bumi ini dapat dijalankan dengan sempurna sebagaimana agama islam telah disempurnakan sebagai agama Rahmat untuk semesta.

Maka kemudian untuk mencapai tujuan tersebut, tentu dalam pemilihan proses pendidikan  atau disebut konsep adalah hal yang penting dan wajib dipertimbangkan terutama dalam sistem pendidikan islam. Hal ini sebagaimana kita ketahui bahwa usaha atau upaya yang dilakukan setiap tindakan-tindakan dalam pendidikan akan memberikan pengaruh positif dalam mencapai keberhasilan. Begitu pula yang diharapkan dalam konsep pendidikan Islam dalam Al-quran.

Adapun untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan islam dalam Al-Quran dapat kita petik dari kisah berikut ini yaitu didalam Quran Surat ke 31 ayat 13-19 yang salah satu ayatnya berbunyi :

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar” (Luqman: 13).

Didalam ayat tersebut sangat jelas sekali Luqman memberikan pelajaran kepada anaknya tentang Ke Esaan Allah subhanahuatalla mengenai tuntunan dan larangan yang dijalankan dalam kehidupan. Sehingga keimanan diharapkan tetap teguh diatas pondasi dasar yang kokoh dalam menghadapi ujian kehidupan. Begitu pula tujuan di kisahkan nya Luqman dan anaknya dalam ayat tersebut tentu sebagai teladan dan rujukan terbaik yang bisa dilakukan seorang pendidikan kepada peserta didiknya. Sehingga dalam menanamkan kaidah islaaamiyah yang diajarkan benar-benar kuat dan teguh menghujam kedalam sanubari mereka untuk diamalkan sepanjang hayatnya.


C.Urgensi konsep pendidikan islam

"Arti kata urgensi di KBBI adalah keharusan yang mendesak, Arti lainnya dari kata urgensi adalah hal sangat penting". Maka melalui pengertian tersebut dipahami bahwa urgensi konsep pendidikan islam itu adalah memahami lalu merencanakan dengan sebaiknya bentuk proses pendidikan yang menanamkan dan menumbuhkan jiwa religius yang cinta terhadap agama bangsa dan negara nya.

Selain itu Pentingnya memiliki konsep dalam pendidikan islam adalah sebagai acuan dan dasar dalam bermuamalah dibidang pendidikan (tarbiyah). Sehingga yang diharapkan bahwa pendidik dan peserta didik benar-benar memiliki tujuan yang sama yaitu memiliki ilmu ilmiyah dan ruhiyah yang diridhoi Allah subhanahuatalla.

Dengan memahami urgensi konsep pendidika islam, diharapkan nantinya baik pendidik maupun peserta didik dapat menjalankan peran secara semestinya dan tujuan yang jelas dalam mencapai keinginan yang dicita-citakan.


D. Penerapan Konsep Pendidikan Islam di Madrasah Informal, formal dan Non-Formal

Setelah mengetahui dan memahami tentang pengertian konsep pendidikan Islam, anjuran dalam Al-Quran maupun al-Hadits serta urgensinya, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pelaksanaan yang baik. Karena betapapun sebuah kajian dilakukan untuk mendapatkan teori-teori paling mutakhir dalam menjawab setiap problema pendidikan, namun apabila dalam pelaksanaannya tidak dipergunakan atau pun tidak dilaksanakan dengan baik, maka akan menghasilkan ilmu yang tidak bermanfaat bahkan memungkinkan berbuat kerusakan karena kesalah pahaman dalam mencerna setiap ilmu yang didapatkan. Mengenai ilmu yang berguna adalah ilmu yang dipahami dan diamalkan, maka dalam menjalani proses pendidikan haruslah dibarengi dengan pelaksanaan baik oleh pendidik maupun peserta didik. Sehingga pemahaman didapatkan secara menyeluruh. Olehkarena itu konsep ini harus dibahas secara baik sebelum dilaksanakan. Sehingga menghasilkan pemahaman-pemahaman ditunjukkan sesuai dengan materi yang dimaksud.

Membahas konsep maka membahas perencanaan. Perencanaan hal yang akan selalu berkaitan dengan proses pendidikan. Maka perencanaan dalam pendidikan islam yang paling penting untuk di kaji disamping media-media lainnya adalah subjek dan objek pendidikan islam. Maka berikut penjelasan mengenai maksud dari objek dan subjek dalam ilmu pendidikan islam;

Perencanaan objek dan subjek adalah pembahasan antara pendidik, peserta didik dan materi atau modul atau bahan ajar. Subjek atau pelaksana bisa ditunjukkan kepada pendidik atau peserta didik dan lebih tepatnya prilaku kedua unsur tersebut adalah hal dasar yang harus dijadikan acuan atas keberhasilan dalam menumbuhkan dan mengembangkan pemahaman tentang ilmu islam. Sedangkan objek adalah pemahaman-pemaham yang baik dan benar yang diajarkan dalam proses pendidikan atau disebut bahan ajar atau materi dalam konsep pendidikan islam. Unsur kedua ini adalah hal penting yang harus dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik. Karena dengan adanya bahan ajar yang berkualitas atau telah di telaah sebelumnya dengan baik akan sangat memudahkan nantinya dalam menyampaikan atau memberikan pengertian dan pemahaman tentang ilmu yang dibahas. Semakin berkualitas bahan ajar yang disampaikan maka pemahaman pun akan mudah didapatkan dan meminimalisir kemungkinan kesalahan atau ambiguitas dalam ilmu pengetahuan. Karena banyak pula pendidik maupun peserta didik yang cacat dalam wawasan ilmu pengetahuan agama mereka disebabkan tidak baiknya ilmu yang didapatkan sebelumnya. Sehingga dalam mengukur atau sebagai acuan dalam keberhasilan proses pendidikan islam maka dapat dilihat melalui wawasan ilmu dan prilaku pendidik atau peserta didik dalam upaya memiliki karakter-karakter yang telah dijelaskan al-Quran dan al-Hadits. Karena betapapun sumber daya manusia dalam proses pendidikan itu baik namun bahan ajar yang ditanamkan buruk maka hal itu pula yang menciptakan kesalahan dalam pendidikan dan begitupun sebaliknya. Subjek maupun objek adalah dua sisi penting dalam unsur pendidikan islam.



BAB III
KESIMPULAN

pembahasan konsep adalah pembahasan mengenai perencanaan yang baik. Semakin baik perencanaan dilakukan maka akan baik pula dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Ilmu Pendidika Islam adalah ilmu yang tidak bisa diajarkan maupun dipahami dengan sesuka hati. Karena Ilmu Pendidikan Islam adalah ilmu tentang sebuah pendidikan dalam keislaman yang berarti ilmu tersebut harus dilakukan berdasarkan kitabullah dan sunnah Rasulullah Salallahialaihi Wassalam. Jika ilmu ini dilakukan dengan tanpa kedua acuan ini bahkan tidak dilakukan konsep sebelumnya secara baik, maka bisa jadi ilmu yang seharusnya menjadi rahmatan lil'alamin malah menimbulkan kerusakan-kerusakan baik agama, sosial dan masyarakat.



DAFTAR PUSTAKA

Diakses tanggal 18 Desember 2019, "Faidah pendidikan Luqmanul Hakim untuk Anaknya" di website:
https://muslim.or.id/46136-mengambil-faidah-dari-luqmanul-hakim-tentang-pendidikan-anak.html

1 comment:

Vika Rini Wigati said...

شكرا لزيارتكم لبلدي بلوق🙏