Dalam pendidikan islam seperti yang di katakan oleh ahmad D.
Marimba, adalah al-quran dan hadis-hadis nabi SAW yang merupaan sumber pokok
ajaran islam. Al-sabani memper luas lagi dasar tersebut mencakup ijtihad, pendapan,
peninggalan,keputusan-keputusan dan amalan-amalan para ulama terdahulu
(al-shalaf al-sholih) dikalangan umat Aislam.
Prinsif pendidikan islam juga ditegakan di atas dasar yang sama
danberpangkal dari perdagangan islam secara filosofis terhadap jagatraya,
manusia, masyaeakat, ilmu pengetahuan dan ahlak. Pandangan islam terhadap
masalah-masalah tersebut, menimbulkan perinsip-perinsip baru dalam islam.
Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud
adalah
1. Prinsip pendidikan islam merupakan implikasi dari caracteristic
manusia menurut islam.
Ajaran
islammengemukakan empat macam ciri-ciri manusia yang membedakanya dengan
mahluklain yaitu
a.
Fitrah
b.
Kesatuan
roh dan jasad (wandah ala-ruh wa al jism)
c.
Kebebasan
berkehendak (hurriah al-iradah)
Baca juga :Pengertia Ilmu Pendidikan Islam Secara Teoritis dan Praktis
Baca juga :Pengertia Ilmu Pendidikan Islam Secara Teoritis dan Praktis
2.Prinsip pendidikan islam adalah pedidikan intergral dan terpadu
Pendidikan islam tidak mengenal adanya pemisahan antara sain dan
agama.penyatuan antara kedua sistem pendidikan adalah tuntutan akidah islam.
Sedangkan pedoman hidup dan hukum-hukum untuk kehidupan manusia telah
ditentukan pula oleh agama yang dinamakan din allah, yang mencakup akidah dan
syariah. Baik secara fisik dengan aturanya adalah sama-sama tanda wujud dan
kebesaran alah.
Dengan demikian semua cabang ilmu yang merupakan studi kedua jenis
ayat-ayat allah itu sebenarnya adalah ilmu-ilmu islami,asalkan disadari dan dilakukan dalam rangka pengembangan pemahaman
ilmu pengetahuan.
3.Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan yang seimbang
Pandangan islam yang menyeluhterhadap aspek kehidupan mewujudkan
adanya kese imbangan.yang mendasari pendidikan islam yaitu:
a. Keseimbangan antara kahidupan duniawi dan ukhrowih
Islam meletakan beban kewajuiban yang berat diatas pundk pendidikan
islam dalam makna yang sebenarnya. Sebab hasilnya baik ataupun buruk akan
diserahkan oleh masyarakat sekarang dan generasi yang akandatang, bentuk
hasiliu akan berkisardari yang gemilang yani progresssampai kepada ekstrim.
b. Keseimbangan
antara jasmani dan rohani
Suatu kenyataah yang tabisa dipungkiri bahwa manusia lahir kedunia
ini dibekali dengan kecendrungan pembawaan daya imaginasi dan akal yang
berbeda. Pendidikan islam memperhatikan perbedaan fisik dan fisikis seorang
sebagai salah satu faktor yang harus di pertimbangkan dalam menyusun progam
kependidikan.
c.Keseimbangan antara individu dan masyarakat.
Disegi lain pendidikan islam berusaha pula mengembangkan aspek
berupa kemasyarakatan berupa kasih mengasih, hormat menghormati semua muslim.
Perasaan seperti itu apabila sudah tertanam dalam jiwa seseorang dapat
menimbulkan tindakan positif berupa tolong menolong menjauhkan segala sesuatu
yangdapat merigikan orang lain.
4. Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan universal
Ia menekankan pandangan yang menghipun roh dan badan antara
individu dan masyarakat,antara dunia dan akherat, antara materil dan spritual.
Pendidikan islam yang berdasarkan prinsip ini,bertujuan untuk menumbuhkn,
mengembangkan, dan membangun segala kepribadian manusia dan segala potensi dan
dayanyanya.
Menurut muhammad munir mursy, yang dimaksud dengan prinsip ini
adalah pendidikan islam itu hendaknya meliputi aspek seluruh kepribadian
manusiadan kehendaknya.melihat manusia itu dengan pandangan yang menyeluruh
yang tersiti dari aspek jiwa,badan, dan akal sehingga nantinya pendidikan isla
itu diarahkan pada pendidikan jasmani,rohani dan kepribadian akal.
Baca juga: Nama Lain Ilmu Pendidikan Islam
5. Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan yang dinamis
Pendidikan islam dalam prinsip ini tidak stastis dalam tujuan
materi kurikulum media, dan metodenya, tetapi dia selalu mempergaharui diri dan
berkembang. Ia memberikan respon kepada kebutuhan-kebutuhan masyarakat sesuai
perkenbangan danperubahan sosial yangtidak bertentangan denagan ajaran dasar
islam. Begitu pula ia membri respon terhadap kepentingan individu dan masyarat
dan sariat islam memeliharanya, dan ia juga selalu memprbaharui diri untuk
berkembang.
Pendidikan islam berusaha mengadakan perubahan yang diinginkan oleh
individu dan masyarakat. Pada hakekatnya pendidikan itu merupakan proses
perubahan tingkah laku oleh karna itu pendidikan islam memerlukan kedinamisan.
6. Prinsip-prinsip dalam formulasi tujuan pendidikan islam
a. Prinsip
universal (syumuliah). Prinsip yang memendang keseluruhan aspek agama
(aqidah,ahlak dan ibadah, serta muamalah), manusia (jasmani,rohani dan
nafsani), masyarakat dan tatnan hidupnya, serta adanya jagatraya.
b. Prinsip kese imbangan dan kesederhanaan (tawazun qaiqtishadiyahb). Prinsip ini adalah
keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan padapribadi, berbagai kebutuhan
individu dan komunitas, serta tuntutan pemeliharaan kebudayaan islam dengan
kebutuhan kebudayaan saat ini serta berusaha mengatasi masalah-masalah yang
sedang dan akan terjadi.
c. Prinsip
kejelasan (tabayun). Pinsip yang di dalamnya terdapat ajaran dan hukum yang
memberi kejelasan terhadap kejiwaan manusia (qolb, akal, dan hawa nafsu ).dan
hukum masalah yang di hadapi, sehingga terwujut tujuan,kurikulum dan metode
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad
D.Marimba, pengantar filsafat pendidikan iaslam. (bandung:
Al-Ma’arif,1962).
DR, H,
Ramayulis, ilmu pendidikan islam (jakarta; kalam mulia).
Omar
muhammad al-tumi al-syaibani, falsafah pendidikan islam.
No comments:
Post a Comment