Wednesday, 14 January 2015

ILMU PENDIDIKAN ISLAM, PRINSIP-PRINSIP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM


Dalam pendidikan islam seperti yang di katakan oleh ahmad D. Marimba, adalah al-quran dan hadis-hadis nabi SAW yang merupaan sumber pokok ajaran islam. Al-sabani memper luas lagi dasar tersebut mencakup ijtihad, pendapan, peninggalan,keputusan-keputusan dan amalan-amalan para ulama terdahulu (al-shalaf al-sholih) dikalangan umat Aislam.
Prinsif pendidikan islam juga ditegakan di atas dasar yang sama danberpangkal dari perdagangan islam secara filosofis terhadap jagatraya, manusia, masyaeakat, ilmu pengetahuan dan ahlak. Pandangan islam terhadap masalah-masalah tersebut, menimbulkan perinsip-perinsip baru dalam islam. Adapun prinsip-prinsip  yang dimaksud adalah

     1. Prinsip pendidikan islam merupakan implikasi dari caracteristic manusia menurut islam.

Ajaran islammengemukakan empat macam ciri-ciri manusia yang membedakanya dengan mahluklain yaitu
a.       Fitrah
b.      Kesatuan roh dan jasad (wandah ala-ruh wa al jism)
c.       Kebebasan berkehendak (hurriah al-iradah)



Baca juga :Pengertia Ilmu Pendidikan Islam Secara Teoritis dan Praktis




    2.Prinsip pendidikan islam adalah pedidikan intergral dan terpadu

Pendidikan islam tidak mengenal adanya pemisahan antara sain dan agama.penyatuan antara kedua sistem pendidikan adalah tuntutan akidah islam. Sedangkan pedoman hidup dan hukum-hukum untuk kehidupan manusia telah ditentukan pula oleh agama yang dinamakan din allah, yang mencakup akidah dan syariah. Baik secara fisik dengan aturanya adalah sama-sama tanda wujud dan kebesaran alah.
Dengan demikian semua cabang ilmu yang merupakan studi kedua jenis ayat-ayat allah itu sebenarnya adalah ilmu-ilmu islami,asalkan disadari  dan dilakukan dalam rangka pengembangan pemahaman ilmu pengetahuan.

    3.Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan yang seimbang

Pandangan islam yang menyeluhterhadap aspek kehidupan mewujudkan adanya kese imbangan.yang mendasari pendidikan islam yaitu:

    a.   Keseimbangan antara kahidupan duniawi dan ukhrowih
Islam meletakan beban kewajuiban yang berat diatas pundk pendidikan islam dalam makna yang sebenarnya. Sebab hasilnya baik ataupun buruk akan diserahkan oleh masyarakat sekarang dan generasi yang akandatang, bentuk hasiliu akan berkisardari yang gemilang yani progresssampai kepada ekstrim.

    b.  Keseimbangan antara jasmani dan rohani
Suatu kenyataah yang tabisa dipungkiri bahwa manusia lahir kedunia ini dibekali dengan kecendrungan pembawaan daya imaginasi dan akal yang berbeda. Pendidikan islam memperhatikan perbedaan fisik dan fisikis seorang sebagai salah satu faktor yang harus di pertimbangkan dalam menyusun progam kependidikan.

 c.Keseimbangan antara individu dan masyarakat.
Disegi lain pendidikan islam berusaha pula mengembangkan aspek berupa kemasyarakatan berupa kasih mengasih, hormat menghormati semua muslim. Perasaan seperti itu apabila sudah tertanam dalam jiwa seseorang dapat menimbulkan tindakan positif berupa tolong menolong menjauhkan segala sesuatu yangdapat merigikan orang lain.

    4. Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan universal

Ia menekankan pandangan yang menghipun roh dan badan antara individu dan masyarakat,antara dunia dan akherat, antara materil dan spritual. Pendidikan islam yang berdasarkan prinsip ini,bertujuan untuk menumbuhkn, mengembangkan, dan membangun segala kepribadian manusia dan segala potensi dan dayanyanya.
Menurut muhammad munir mursy, yang dimaksud dengan prinsip ini adalah pendidikan islam itu hendaknya meliputi aspek seluruh kepribadian manusiadan kehendaknya.melihat manusia itu dengan pandangan yang menyeluruh yang tersiti dari aspek jiwa,badan, dan akal sehingga nantinya pendidikan isla itu diarahkan pada pendidikan jasmani,rohani dan kepribadian akal.





     5. Prinsip pendidikan islam adalah pendidikan yang dinamis

Pendidikan islam dalam prinsip ini tidak stastis dalam tujuan materi kurikulum media, dan metodenya, tetapi dia selalu mempergaharui diri dan berkembang. Ia memberikan respon kepada kebutuhan-kebutuhan masyarakat sesuai perkenbangan danperubahan sosial yangtidak bertentangan denagan ajaran dasar islam. Begitu pula ia membri respon terhadap kepentingan individu dan masyarat dan sariat islam memeliharanya, dan ia juga selalu memprbaharui diri untuk berkembang.

Pendidikan islam berusaha mengadakan perubahan yang diinginkan oleh individu dan masyarakat. Pada hakekatnya pendidikan itu merupakan proses perubahan tingkah laku oleh karna itu pendidikan islam memerlukan kedinamisan.


    6.    Prinsip-prinsip dalam formulasi tujuan pendidikan islam

    a.  Prinsip universal (syumuliah). Prinsip yang memendang keseluruhan aspek agama (aqidah,ahlak dan ibadah, serta muamalah), manusia (jasmani,rohani dan nafsani), masyarakat dan tatnan hidupnya, serta adanya jagatraya.

    b. Prinsip kese imbangan dan kesederhanaan (tawazun qaiqtishadiyahb). Prinsip ini adalah keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan padapribadi, berbagai kebutuhan individu dan komunitas, serta tuntutan pemeliharaan kebudayaan islam dengan kebutuhan kebudayaan saat ini serta berusaha mengatasi masalah-masalah yang sedang dan akan terjadi.

    c.     Prinsip kejelasan (tabayun). Pinsip yang di dalamnya terdapat ajaran dan hukum yang memberi kejelasan terhadap kejiwaan manusia (qolb, akal, dan hawa nafsu ).dan hukum masalah yang di hadapi, sehingga terwujut tujuan,kurikulum dan metode pendidikan.





DAFTAR PUSTAKA


Ahmad D.Marimba, pengantar filsafat pendidikan iaslam. (bandung: Al-Ma’arif,1962).

DR, H, Ramayulis, ilmu pendidikan islam (jakarta; kalam mulia).

Omar muhammad al-tumi al-syaibani, falsafah pendidikan islam.



No comments: